KISI-KISI PTS SENI BUDAYA KELAS IX

 

Mata Pelajaran

Kelas/ Semester

:

:

Seni Budaya

IX/ Ganjil

 

1.   Kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan datar dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu, dengan melibatkan ekspresi, emosi, dan gagasan pencipta secara penuh, merupakan pengertian seni lukis menurut….


2.        Berikan contoh karya lukisan dengan tujuan religius!


3.        Jelaskan Lukisan dengan tujuan ekspresi!

 

4.        Jelaskan Lukisan dengan tujuan komersial!


5.        Jelaskan Pengertian representatif dalam karya seni lukis !

 

6.        Jelaskan aliran naturalisme!


7.  Basuki Abdullah, Abdullah Suryo Subroto, Mas Pringadi, Paul Rubens, dan Jhon Constable, merupakan para pelukis yang beraliran?


8.       Aliran yang memandang dunia ini apa adanya tanpa ilusi dengan tanpa menambah atau mengurangi obyek, penggambarannya sesuai dengan kenyataan hidup, seperti karya Gustave Courbet dengan judul “The Sones Breakers” , adalah…

 

9.        Para pelukis yang termasuk kelompok pelukis yang beraliran realisme diantaranya?

 

10. Merupakan karya yang diberi judul “Diponegoro Arrest” (Penangkapan Diponegoro). Karya tersebut merupakan karya monumental pelukis Indonesia yaitu?

 

11.    Para pelukis dunia yang terdiri dari Claude Monet, George Seurat, Paul Cezanne, dan Paul Ganguin merupakan para pelukis yang  beraliran?


12.   Termasuk karya seni yang terbaik, paling terkenal, dan paling mahal di dunia. Vincent Van Gogh dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Salah satu lukisannya yang paling terkenal adalah “The Stary Night”. Dengan penuh emosi Vincent Van Gogh berusaha mengungkapkan perasaan secara total dan spotan ke dalam kanvas. Apabila di kelompokkan maka beliau tergolong pelukis yang beraliran?

 

13.  Para pelukis dunia dan nasional yang terdiri dari Wassily Kandisky, Yuan Mirro, William De Kooning, Amry Yahya, Fajar Sidik, But Muchtar dan Ahmad Sadilli merupakan para pelukis yang memilki gaya atau aliran?


14.  Presistace of Time” merupakan salah contoh karya Salvador Dali. Bila kita perhatikan lukisan tersebut mencoba untuk menggambarkan alam bawah sadar atau terinspirasi dari sebuah mimpi. Maka lukisan tersebut dapat kita golongkan sebagai lukisan yang beraliran?

 

15. Tema sangat penting dalam lukisan, yang berfungsi untuk menentukan fokus utama dalam penggambaran suatu obyek lukisan. Tema dalam lukisan terdiri dari beragam jenisnya. Sebutkan dan beri contoh!

                                     

16.  Bahan utama berupa pigment halus atau serbuk warna (dye) yang dicampur dengan gum Arabic serta gliserin atau madu untuk menambah kekentalan dan daya rekat pigmen warna ke permuakaan bidang gambar. Adapun karakter cat ini bersifat transparan. Jenis media yang dijelaskan tersebut adalah?

 

17.    Alat yang tebuat dari aluminium tipis fungsinya untuk mencampur cat, dengan bentuk dan ukuran yang tersedia berbagai jenis runcing, lebar dan lembut, adalah?

 

18.   Bahan melukis yang memiliki karakter yang menampilkan warna-warna lembut. Dan bahan terbuat dari paduan lilin (wax) dan minyak (oil) serta pewarna. Memiliki sifat yang mudah dicampur dengan warna lain (proses mixing). Adalah?


19.  Bahan atau media yang umum dipakai dalam melukis menggunakan bahan linen atau katun, adalah?

 

20.   Bahan yang dibuat dari partikel-partikel warna yang disuspensi   dengan media minyak. Bahan ini memberikan efek cerah serta memberikan teksture yang sangat bagus. Jenis bahan ini disebut?




Guru Mapel Seni Budaya: Dadang Hudan Dardiri,S.Pd.,M.Pd.


 


0 comments: