Seni Patung


SENI PATUNG

Oleh: Dadang Hudan Dardiri, S.Pd.,M.Pd.


A.    Pengertian Seni Patung
Karya seni patung diciptakan oleh manusia sejak zaman prasejarah. Pada saat itu karya patung dibuat sebagai sarana ritual keagamaan atau religuis dan sebagai sarana untuk tujuan mendatangkan kekuatan magis. Seiring perkembangan zaman saat ini seni patung dibuat sebagai sarana atau media untuk mengungkapkan pengalaman keindahan atau pengalaman estetika seorang seniman.
Lalu apa sesungguhnya yang dimaksud dengan seni patung? Seni patung adalah karya seni rupa yang dibuat dengan bentuk tiga dimensional. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia patung memiliki arti: “bentuk tiruan hewan dan manusia dari batu, kayu dan sebagainya yang dibuat dengan cara dipahat”.
B.    Fungsi Seni Patung

1.   Fungsi Magis
Fungsi magis adalah karya seni patung yang dibuat untuk mendatangkan suatu kekuatan magis atau kekuatan yang bersifat gaib. Misalnya patung dibuat dengan maksud mendatangkan berkah atau digunakan sebagai azimat.
Beberapa contoh patung yang dibuat untuk keperluan magis diantaranya:
a.  Patung ijuk yang terdapat di kalimantan, patung ini dibuat sebagai penolak bala diantaranya digunakan untuk menangkal berbagai bahaya dan serangan penyakit.
b.     Patung Roro Blonyo yang terdapat di beberapa daerah di Pulau Jawa. Patung ini terutama berada di daerah yang memiliki budaya bertani sebagai perwujudan Dewi Sri atau Dewi Padi. Patung Loro Blonya dipercaya dapat mendatangkan rizki atau keberkahan yang berupa penen yang melimpah.
Patung Roro Blonyo
c.     Patung Korwar, adalah patung yang berfungsi magis yang terdapat di wilayah Papua. Patung ini dibuat untuk menyimpan tulang belulang orang yang telah meninggal dunia, dengan tetap terpeliharanya tulang belulang tersebut mereka berharap dapat menjalin hubungan yang baik dengan roh orang yang telah meninggal.
Patung Korwar dari Papua
2.   Fungsi Religius
Patung yang berungsi religuis adalah jenis patung yang dibuat sebagai sarana atau media berkomunikasi dengan Tuhan. Patung-patung yang berasal dari kawasan atau belahan timur dunia terutama patung-patung yang berasal dari wilayah Asia, berbagai bentuk serta atribut dari patung yang digambarkan sangat sarat dengan arti dan makna-makna simbolis. Patung-patung yang berfungsi religuius ini diantaranya:
a.    Patung budha seperti dapat kita saksikan di pelataran candi borobudur, Jawa Tengah.        
Patung Budaha pada Kompleks Candi Borobudur

b.  Patung Roro Jonggrang sebagai perwujudan Dewi Durga atau Dewi Andini, yang merupakan istri Batara Guru yang dikutuk menjadi raksasa perempuan. Patung ini terdapat di salah satu candi yang terdapat di komplek candi Sewu atau Candi Prambanan. Patung Roro Jonggrang atau disebut juga Dewi Durga Mahisa Sura Mardhini memiliki perlengkapan bentuk serta atrubut diantaranya:
1)      Trisula
2)      Anak panah
3)      Cakra
4)      Sangka bersayap
5)      Perisai
6)      Busur
7)      Parasu
8)      Pedang/ cada
9)      Mahisa/ lembu
10)  Seekor raksasa

Patung Roro Jonggrang pada Candi Prambanan

c.     Patung Yesus Kristus dan patung Bunda Maria, kedua patung ini dapat dilihat di banyak gereja yang terdapat di Indonesia maupun di negara-negara mancanegara.
3.   Fungsi Simbolis
Fungsi simbolis artinya patung dibuat sebagai simbol atau lambang untuk mengenang perjuangan atau kepahlawanan. Beberapa contoh patung yang berfungsi simbolis diantaranya:
a.     Patung Jederal Sudirman yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), patung ini ditujukan untuk mengenang kepahlawanan serta perjuangan Jenderal Besar Sudirman.

Patung Jederal Sudrman
b.     Patung Soekarno-Hatta terdapat di Jakarta, patung kedua tokoh besar ini dimaksudkan utuk mengenang perjuangan mereka berdua dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Patung Soekarno Hatta
c.     Patung tujuh orang jederal pada Monumen Pancasila Sakti yang terdapat di Jakarta, bertujuan untuk mengenang tujuh orang jederal dalam mempertahankan pancasila sebagai dasar negara.

Patung Tujuh Jenderal

4.     Fungsi estetis
Patung yang berfungsi estetis adalah karya patung yang dibuat lebih mengutamakan aspek keindahannya. Patung jenis benar-benar ditempatkan sebagai sarana untuk mencurahan ide atau gagasan seniman dalam bentuk tiga dimensional.

Patung dengan Fungsi Estetis
5.   Fungsi Komersial
Fungsi komersial adalah karya seni patung yang bertujuan untuk mendatangkan keuntungan dengan cara diperdangkan. Patung jenis ini diantaranya patung dalam bentuk cindera mata, patung-patung penghias taman dan sebagainya.                                     
           
                                 
 Patung Komersial
C.    Jenis-Jenis Patung
Karya patung bila ditinjau dari jenisnya ternyata sangat beragam, keragaman ini terdiri dari: jenis patung berdasarkan jenisnya, jenis patung berdasarkan bentuk penampilanya, jenis patung berdasarkan ukuranya, serta jenis patung berdasarkan corak dan aliranya.
1.   Jenis Seni Patung Berdasarkan Teknik (Cara Pembuatan)
Dalam membuat atau menghasilkan karya patung dapat melalui berbagai teknik atau cara pembuatan diantaranya:
a.     Cor atau casting
Teknik cor atau disebut juga casting adalah teknik membuat karya seni patung dengan cara dicetak. Dalan teknik cor patung dapat menggunakan bebagai media atau bahan diantara semen, gips,  bahan logam, serat kaca atau fiber glass, lilin dan sebagainya.
Patung dengan Teknik Cor/ Casting

b.     Carving
Carving adalah teknik membuat karya patung dengan cara dipahat. Memahat adalah membuat karya patung yang dilakukan dengan membuang bagian-bagian yang tidak diperlukan menggunakan alat pahat. Bahan yang dapat dipilih sebagia karya patung carving atau pahat diantaranya: kayu, batu, marmer, onix, bongkahan es, gading dan sebagainya.
Patung Dengan Teknik Pahat (Carving)
c.     Patung modeling
Patung modeling adalah karya patung yang dibuat melalui teknik membentuk atau disebut juga yeknik modeling. Teknik modeling adalah teknik membuat patung yang dilakukan dengan cara menggunakan bahan lembek dan kenyal (misalnya: tanah liat, plastisin dan bubur kertas).
Patung dengan Tejbnij Moling
d.     Konstruksi
Teknik konstruksi atau teknik membangun adalah teknik membuat patung yang dilakukan dengan cara merakit dan merangkai bahan-bahan seperti pipa dan plat besi, kawat, dan lain-lain. Untuk merangkai atau merakit biasanya dilakukan cara dilas. Beberapa karya yang dihasilkan dengan teknik konstruksi ini diantaranya adalah karya-karya pematung Alexander Calder.
Patung dengan teknik konstruksi
2.   Jenis Seni Patung Berdasarkan Penampilanya
a.     Patung Dada atau Patung Boss
Patung dada atau disebut juga patung boss adalah jenis karya seni patung yang menampilkan bagian kepala hingga bagian dada saja.
Patung Ki Hajar Dewantara, termasuk patung dada

b.     Patung Torso
Patung torso adalah jenis karya seni patung yang menampilkan bagian badan saja yakni dada, pinggang dan bagian pinggul saja.

Contoh Patung Torso
c.     Patung Free Standing
Patung yang menampilkan seluruh badan dari kepala hingga kaki dalam keadaan berdiri disebut sebagai patung free standing.

Patung Liberty, salah-satu  Patung Free Standing

Patung BJ Habibie (Gorontalo) salah satu Patung Free Standing
d.     Patung Zonde
Hampir sama dengan free standing patung zonde juga adalah karya seni patung yang menampilkan seluruh badan dari kepala hingga kaki, hanya saja patung zonde bukan dalam kedaan berdiri diantaranya yakni berbaring, jongkok, dan duduk.
Patung Putri Duyung Berkemben Emas di Anco, contoh Patung Zonde
3.   Jenis Patung Berdasarkan Ukurannya
Bila ditinjau dari ukuranya maka patung terdiri dari patung kolosal, patung monumen dan patung amulet.
a.     Patung kolosal adalah patung yang memiliki ukuran yang tergolong sangat besar. Patung yang dapat digolongkan sebagai patung kolosal diantaranya:
1)    Patung Garuda Wisnu Kencana, adalah patung yang dicipatakan oleh pematung terkenal Indonesia yaitu Nyoman Nuarta. Patung ini terdapat di Pulau Dewata yang manggambarkan dewa Wisnu yang sedang mengendarai burung garuda.
Patung Garuda Wisnu Kencana, Termasuk Patung Kolsal
2)    Patung Liberty (“Liberty Enlighting The World”), terdapat di muara sungai Hudson, kota New York, Amerika Serikat. Patung liberty dibuat  oleh Gustave Eiffel (sebagai perancang kontruksi) dan dibantu pemahat Auguste Bartholdi . Patung ini memiliki ukuran tinggi 46 meter dan bobot 204 ton.


Patung Liberty, salah-satu  Patung Kolosal
b.     Patung heroik atau kepahlawanan merupakan patung yang memiliki ukuran setidaknya satu stengah kali lipat ukuran sebenarnya. Patung jenis ini biasanya digunakan sebagai patung monumen diantaranya patung selamat datang, patung pembebasan,  proklamator Sukarno-Hatta.

Patung Selamat Datang
c.     Patung amulet atau patung miniatur adalah patung yang memiliki ukuran relatif kecil biasanya berukuran 2 senti meter hingga 50 sentimeter.
4.   Jenis Patung Berdasarkan Corak/ Alirannya
Berdasarkan corak atau aliranya seni patung terdiri dari:
a.     Corak realis dan naturalis adalah corak seni patung yang meniru bentuk-bentuk alam secara persis. Pematung Indonesia yang memiliki corak realis dan naturalis adalah Hedra Gunawan, Trubus, Saptoto dan Edi Sunarso (Patung Selamat Datang), Nyoman Nuarta (Proklamator Soekarno-Hatta). Para pematung dunia yang karyanya bercoral realis dan naturalis diantaranya: Michelle Anggelo (“Pieta’’), Auguste Rodin (“Burghers of Calais”).

Pietà karya Michelangelo


b.     Corak abstrak adalah corak seni patung dengan meninggalkan bentuk-bentuk alam aliran ini dipengaruhi aliran kontruksi seperti susunan besi, kawat, kayu dan sebagainya. Pematung  abstrak Indonesia diantaranya adalah Rita widagdo, sedangkan pematung dunia diantaranya adalah Alexander Calder.
Patung Karya Alexander Calder

c.     Corak deformatif, adalah corak yang berusaha merubah bentuk alam sesuai dengan gagasan dan imaginasi seniman. Pematung Indonesia yang menghasilkan karya bergaya deformatif ini diantaranya ialah But Muchtar dan Rita widagdo, sedangkan pematung dunia yang corak karyanya bersifat dekoratif diantaranya pematung Henry Moore (“Reclining Figure”).




Patung Karya Henry (1939)


d.     Corak dekoratif merupakan corak seni patung yang mengambil objek alam dengan cara digayakan agar terlihat indah dan lebih menarik. Karya patung yang bercorak dekoratif ini banyak dikembangkan oleh para pematung Bali.


Patung Dekoratif Bali


D.    Relief
Relief adalah perpaduan antara seni lukis dan seni patung. Dapat dikatakan bahwa yang dimaksud dengan relief adalah patung yang kenampakanya pada bidang yang bersifat datar. Berdasarkan bentuknya relief dapat digolongkan menjadi tiga jenis yaitu bass relief, haunt relief, dan relief tembus.
1.      Bass relief
Bass relief atau basso relief adalah relief datar atau rendah yang penonjolan objek kurang dari setengah tebal relief itu sendiri. Dapat kita ambil contoh yang tergolong bass relief diantaranya gambar relief yang ada pada uang logam.
Bass relief 

2.      Haut relief
Haut relief atau disebut juga relief tinggi adalah relief yang penonjolanya setengah atau lebih tebal dari relief tersebut. Contoh yang tergolong haunt relief diataranya adalah relief-relief yang terdapat pada dinding-dinding candi.
Haut Relief
3.      Relief Tembus
Relief tembus adalah jenis relief yang membatasi (garis tepi) gambar atau objek dibuat secara tembus ke belakang. Dalam kerajinan pahat teknik ini juga dikenal dengan teknik krawangan.

Relief Tembus



1 comment:






  1. 365SBOBET Situs Agen Sbobet, Agen Bola Terpercaya di Indonesia

    365sbobet adalah Agen SBOBET Terpercaya Indonesia, Situs Agen Bola Resmi Online Casino Terbaik Official Partner kami adalah Barcelona dan Liverpool.

    365Sbobet
    Agen Sbobet
    Agen Sbobet Online
    Agen Sbobet Terpercaya
    Agen Sbobet Indonesia
    Agen Sbobet Asia
    Agen Sbobet Resmi
    Agen Sbobet Mobile
    Daftar Agen Sbobet
    Situs Agen Sbobet
    Website Agen Sbobet
    Link ALternatif Agen Sbobet
    Bonus Agen Sbobet
    Sbobet
    Sbobet Online
    Sbobet Terpercaya
    Sbobet Indonesia
    Sbobet Asia
    Sbobet Resmi
    Sbobet Mobile
    Daftar Sbobet
    Situs Sbobet
    Website Sbobet
    Link ALternatif Sbobet
    Bonus SbobetAgen Bola
    Agen Bola Online
    Agen Bola Terpercaya
    Agen Bola Indonesia
    Agen Bola Asia,
    Agen Bola Resmi
    Agen Bola Mobile
    Daftar Agen Bola
    Situs Agen Bola
    Website Agen Bola
    Link ALternatif Agen Bola
    Bonus Agen Bola
    Agen Slot
    Main Slot
    Situs Sbobet
    Situs Slot
    Slot
    Slot Online
    Slot Terbaik
    Website Slot









    ReplyDelete