PROPOSAL PENGADAAN PAPAN TULIS INTERAKTIF UNTUK SMP
PROPOSAL
OLEH: DADANG HUDAN DARDIRI,S.Pd.,M.Pd.
PENGADAAN PAPAN TULIS
INTERAKTIF UNTUK SMP
SMP NEGERI 2 SUKARATU
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 2
SUKARATU
JalanSukamanah,
Desa Gunungsari, Kec. Sukaratu, Kab. Tasikmalaya
E-mail :smpn2sukaratu@gmail.com
LEMBAR
PENGESAHAN
Proposal Pengadaan Papan Tulis Interaktif Untuk SMP, kami susun
bersama komite sekolah dan tenaga pengajar serta disahkan dan disetujui oleh
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya.
Mengesahkan/ Menyetujui
Mengetahui Komite
Sekolah Drs.TASDIK
WINAYA, M.M. |
Tasikmalaya,
02 Januari 2020 Kepala
SMP Negeri 2 Sukaratu DENDIN
WARDIANA,S.Pd.,M.Pd. NIP.
19651225198911 1 001 |
Mengesahkan,
Kepala Dinas
Pendidikan
Kabupaten
Tasikmalaya
DADAN
WARDANA, S.IP., M.M.
Pembina Utama, IV/C
NIP. 19690405
199603 1 002
PEMERINTAH KABUPATEN TASIKMALAYA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDYAAN
SMP NEGERI 2
SUKARATU
Jalan Sukamanah
Gunungsari kec. Sukaratu
Tlp.(0265)7060033 Kab. Tasikmalaya 46152
E-mail : smpn2sukaratu@gmail.com. TASIKMALAYA
Nomor : 028/ 453a/SMPN2Skrt/I/2020
02 Januari
2020
Lampiran : 1 (Satu) berkas
Perihal : Pengadaan Papan Tulis Interaktif Untuk SMP
|
Dengan
hormat,
Bersama
dengan proposal ini, kami Kepala SMP Negeri 2 Sukaratu Kabupaten
Tasikmalaya bersama Komite Sekolah dan Staf Pengajar mengajukan Permohonan Pengadaan Papan Tulis interaktif pada SMP N 2 Sukaratu Tahun Anggaran 2020. Kebutuhan akan papan tulis yang dirasakan amat mendesak, yang
bepengaruh langsung terhadap keberlasungan dan efektivitas kegiatan belajar.
Program di
atas mempunyai peranan penting dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan
nasional, oleh karena hal itu mohon kiranya proposal kami dapat diterima dan
menjadi bahan pertimbangan untuk tahun anggaran 2020.
Demikian
permohonan ini Kami sampaikan dengan sesungguhnya.
Atas waktu
dan perhatiannya diucapkan terima kasih.
Kepala Sekolah, DENDIN WARDIANA,S.Pd.,M.Pd. NIP. 19651225198911 1 001 |
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah segala puji bagi
Allah, hanya dengan hidayah, inayahNya, dan taufikNya, Pengadaan Papan Tulis Interaktif untuk
SMP dapat terselesaikan.
Dalam rangka
mewujudkan tujuan pendidikan secara maksimal diperlukan proses pembelajaran yang
kondusif dengan melibatkan semua komponen pembelajaran secara optimal. Salah
satu komponen penting sarana dan parasarana pembelajaran adalah tersedianya
papan tulis yang memadai.
SMP Negeri 2 Sukaratu sebagai salah satu
sekolah di Kabupaten Tasikmalaya juga merasakan betapa pentingnya
keberadaan Pengadaan Papan Tulis Interaktif Untuk SMP sebagai salah satu unsur
pendukung keberhasilan proses pembelajaran.
Proposal ini kami ajukan untuk melengkapi permohonan
bantuan Pengadaan
papan tulis interaktif pada SMPN 2 Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya.
Kepala Sekolah, DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd. NIP.
19651225198911 1 001 |
DAFTAR ISI
LEMBAR
PENGESAHAN SURAT
PENGANTAR KATA
PENGANTAR…………………………………………………………….... DAFTAR ISI …………………………………………………………………….... |
i ii |
||
BAB I |
PENDAHULUAN |
1 |
|
|
A. |
Latar
Belakang………………………………………………….... |
1 |
|
B. |
Dasar
Hukum…………………………………………………..… |
2 |
|
C. |
Tujuan dan
Manfaat…………………………………………….... |
3 |
|
D. |
Sasaran………………………………………………………..….. |
3 |
BAB II |
PENGORGANISASIAN |
4 |
|
|
A. |
Visi dan
Misi SMP N 2 Sukaratu……………………………...…. |
4 |
|
B. |
Susunan
Pengelola atau Pengurus Barang...................................... |
7 |
BAB III |
USULAN, ANALISIS DAN RENCANA ANGGARAN |
8 |
|
|
A. |
Usulan
Kegiatan…………………………………………….......... |
8 |
|
B. |
Analisis
Kebutuhan………………………………………..……... |
8 |
|
C. |
Rencana
Anggaran Biaya……………..……………………..…… |
9 |
BAB IV |
PENUTUP |
10 |
|
LAMPIRAN |
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Papan tulis merupakan media dua dimensi yang
paling terkenal dan telah cukup lama digunakan di berbagai tempat. Pemanfaatan
papan tulis tidak hanya di lingkungan sekolah, melainkan juga di rumah-rumah
sakit, kantor-kantor, lembaga-lembaga pendidikan, dan bahkan keluarga. Kapan
papan tulis mulai digunakan orang tak dapat diketahui dengan pasti.
Berabad-abad lamanya papan tulis telah digunakan untuk papan tulis
bermacam-macam. Bahan yang paling lazim untuk pembuatan papan tulis adalah kayu
yang dicat hitam. Papan tulis berbahan kayu yang dicat
hitam memerlukan kapur tulis untuk memanfaatkan papan tulis itu sebagai media
pembelajaran. Selain papan tulis berwarna hitam,terdapat juga papan tulis
berwarna putih dengan permukaan yang lebih halus. Papan tulis putih (white
board) memerlukan spidol untuk alat tulisnya. Dewasa ini warna papan tulis
cukup bervariasi, tidak hanya hitam dan putih, tetapi juga warna-warna lain.
Penggunaan warna lain tersebut dimaksudkan untuk menambah keefektifan dan
mengurangi kelelahan mata.
Papan tulis interaktif adalah papan
tulis digital yang memiliki layar sensitif bila disentuh dan bekerja mirip
dengan sistem komputer, karena papan tulis ini dapat menyimpan informasi yang
pernah ditulis diatasnya. Papan tulis interaktif adalah salah satu aplikasi
teknologi layar sentuh.
Papan tulis interaktif banyak
digunakan sebagai media presentasi. Teknologi papan tulis interaktif
memungkinkan terjadinya perekaman presentasi dan pengoreksian apabila terjadi
kesalahan. Papan tulis interaktif juga dapat melakukan ”Presentasi Konferensi”,
yaitu presentasi yang dapat berlangsung bersamaan di dua lokasi atau lebih.
Dalam Presentasi Konferensi, pengoreksian terhadap presentasi yang berlangsung
dapat dilakukan melalui media Papan Tulis Interaktif.
Bertolak dari pemikiran di atas maka
sekolah menganggap bahwa pengadaan perangkat papan tulis interaktif di SMP Negeri 2 Sukaratu, Kecamatan
Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya adalah hal yang sangat penting dan mendesak
untuk diwujudkan.
B.
Dasar Hukum
a.
Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 yaitu
memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa;
b.
Undang-Undang No. 20 tahun 2003, tentang
Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor
78 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);
c.
Undang-Undang No. 19 tahun 2005, tentang
Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor
41 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496);
d.
Perpres Nomor 141 Tahun 2018 tentang
Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019;
e.
Permendikbud Nomor 1 Tahun 2019
tentang Petunjuk Operasional DAK Fisik Bidang Pendidikan;
f.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
24 tahun 2007, tentang Standar Sarana Prasarana; dan
g.
Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Nomor: 800/kep.356/disdikbud tentang
penetapapan Sekolah Menengah Pertama Penerima DAK Fisik Bidang Pendidikan di
Kabupaten Tasikmalaya.
C.
Tujuan dan Manfaat
1.
Tujuan
Tujuan
dari proposal pengajuan permohonan bantuan ini adalah sebagai berikut:
a.
Terjaminnya
efektivitas proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah.
b.
Tercapainya mutu
dan kualitas para peserta didik.
c.
Terwujudnya pemenuhan
program sarana dan prasarana keagamaan sekolah berdasarkan standar nasional pendidikan; dan
d.
Optimalisasi bentuk
pelayanan publik.
2.
Manfaat
Proposal pengajuan permohonan bantuan ini bagi sekolah bermanfaat:
a. Optimalisasi proses pelaksanaan pembelajaran.
b. Peningkatan mutu para peserta didik.
D.
Sasaran
Sasaran dari pengajuan proposal
ini adalah terlaksananya pemenuhan program
optimalisasi proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah yang termasuk ke dalam standar sarana dan prasarana pendidikan
SMP Negeri 2 Sukaratu, Kecamatan
Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.
BAB II
PENGORGANISASIAN
A. Visi dan Misi SMP Negeri 2 Sukaratu
1.
Visi
Visi adalah gambaran ideal untuk
masa depan yang diinginkan oleh sekolah. Visi ini memberikan wawasan
yang menjadi sumber arahan bagi
sekolah dan digunakan
untuk memandu perumusan
misi sekolah. Visi adalah pandangan jauh ke depan ke mana sekolah akan dibawa.
Gambaran masa depan
harus didasarkan pada
landasan yuridis, yaitu undang-undang, peraturan
pemerintah, peraturan
menteri dan peraturan
perundangan lainnya sesuai
dengan jenjang dan jenis sekolahnya.
Visi sekolah harus
tetap dalam kerangka
kebijakan pendidikan
nasional, tetapi sesuai
dengan kebutuhan sekolah
untuk pelayanan masyarakat. Dengan
tujuan pendidikan nasional
yang rumusannya sama, profil
sekolah dan kebutuhan
masyarakat yang dilayani sekolah tidak selalu sama. Oleh
karena itu, sekolah memilikivisi yang tidak
sama dengan sekolah
lain, asalkan tidak
keluar dari koridor tujuan pendidikan nasional.
Visi SMP Negeri 2 Sukaratu adalah :
“ Mewujudkan Sekolah yang Bermartabat
(Berahlak Mulia, Mandiri, Terampil, Berwawasan Lingkungan, Berlandaskan Iman
Dan Takwa)”.
Indikator visi Visi
SMP Negeri 2 Sukaratu adalah sebagai berikut :
a.
Meningkatkan efektifitas pembelajaran;
b.
Mengoptimalkan perolehan hasil belajar peserta
didik;
c.
Meningkatkan kecakapan dan keterampilan;
d.
Mewujudkan perilaku peserta didik yang sesuai
nilai-nilai spiritual; dan
e.
Meningkatkan kepedulian sosial peserta didik.
2.
Misi
Misi SMP Negeri 2 Sukaratu adalah sebagai berikut:
1.
Meningkatkan efektivitas proses pembelajaran;
2.
Meningkatkan pembinaan kompetensi peserta
didik secara optimal;
3.
Mendorong
kemandirian, tanggung jawab, kejujuran,
percaya diri dan semangat untuk berkompetisi para peserta
didik;
4.
Mendorong peserta didik memiliki pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keagamaan serta memililiki
solidaritas dan kepedulian sosial;
5.
Menerapkan sekolah yang berwawasan lingkungan
hidup; dan
6.
Mendorong warga sekolah sebagai pembelajar
sepanjang hayat.
3.
Tujuan Sekolah
Berdasarkan visi dan misi yang telah dijelaskan di atas
maka tujuan SMP Negeri 2 Sukaratu dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.
Sekolah mampu menyusun
kurikulum SMP yang sesuai dengan
kebutuhan peserta didik;
2.
Sekolah mampu melaksanakan pembinaan pada peserta didik
sehingga menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa, berakhlaq mulia, sehat,
terampil, mandiri dan memiliki kepedulian sosial;
3.
Sekolah mampu menghasilkan lulusan yang trampil, mandiri,
berakhlaq;
4.
Sekolah mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan
pendekatan belajar tuntas, pembelajaran mandiri (self learning), dan menerapkan pendidikan inklusif (Inclusive Education);
5.
Sekolah mampu menyusun rencana dan pelakasanaan penilaian
peserta didik secara profesional, educatif, efektif, efisien, informatif,
akuntabel dan informatif sesuai dengan tuntutan kurikulum;
6.
Sekolah mampu memfasilitasi bakat dan minat peserta didik
dalam wadah kegiatan ektrakurikuler;
7.
Sekolah mampu meningkatkan profesionalisme, kompetensi dan
kedisiplinan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan;
8.
Sekolah mampu memenuhi sarana dan prasarana secara minimal
sesuai Standar Pelayanan Minimal;
9.
Sekolah mampu memenuhi
kelengkapan administrasi
perencanaan, pelaksanaan, monitoring
dan evaluasi penyelenggaraan
sekolah;
10. Sekolah mengembangkan Kurikulum
Berbasis Lingkungan:
a. Pengembangan model pembelajaran
lintas mata pelajaran.
b. Penggalian dan pengembangan materi
dan persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat sekitar.
c. Pengembangan metode belajar
berbasis lingkungan dan budaya.
d. Pengembangan kegiatan kurikuler
untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup.
11.
Pengelolaan dan atau Pengembangan Sarana Pendukung Sekolah
yang berwawasan lingkungan:
a. Pengembangan fungsi sarana
pendukung sekolah yang ada untuk pendidikan lingkungan hidup.
b. Peningkatan kualitas pengelolaan
lingkungan di dalam dan di luar kawasan sekolah.
c. Penghematan sumberdaya alam
(listrik, air, dan ATK).
d. Peningkatan kualitas pelayanan makanan
sehat.
e. Pengembangan sistem pengelolaan
sampah.
12.
Sekolah mampu melaksanakan pengelolalaan keuangan secara
akuntable, tansparan dan efisien.
B.
Susunan
pengelola/ penyimpan
Susunan
pengelola/
penyimpan barang di SMP
Negeri 2 Sukaratu terdiri dari sebagai berikut:
No |
Nama |
Jabatan Panitia |
Jabatan Dinas |
1. |
Deni
Nurdin,
A.Md. |
Pengurus
barang |
Kapala
Tata Usaha |
2. |
Aris
Pratama, S.Kom. |
Pembantu Pengurus barang |
Staf Tata
Usaha |
3. |
Odik,
S.Pd. |
Penyimpan
barang |
Wakasek
Sarana dan prasarana |
4. |
Asep Abdul
Aziz,S.Pd. |
Penyimpan
barang |
Ketua
Penanggungjawab Standar
Sarpras |
BAB III
USULAN, ANALISIS DAN RENCANA ANGGARAN
A.
Usulan Kegiatan
Salah
satu prasarana yang sangat diperlukan sekolah dalam mencapai peningkatan mutu
pendidikan diantaranya adalah pengadaan sarana peralatan
papan tulis interaktif.
Papan tulis secara umum memiliki fungsi: (1)
Tempat menuliskan pokok-pokok pikiran penjelasan guru dalam pembelajaran
klasikal, kelompok, maupun individual; (2) Tempat menuliskan bagan, grafik,
gambar ilustrasi, peta konsep, dan lain-lain untuk mendukung penjelasan guru;
(3) Tempat menuliskan rangkuman materi pembelajaran, tugas-tugas, soal-soal
latihan, dan soal-soal ulangan; (4) Papan tulis dapat memotivasi siswa dengan
jalan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan tugas pada papan tulis;
(5) Papan tulis juga berfungsi sebagai tempat meletakkan media grafis seperti
bagan, foster, gambar, foto, dan lain-lain, ketika guru menggunakan media
grafis tersebut dalam menjelaskan suatu materi pelajaran.
Sarana dan prasarana pendidikan berupa papan tulis interaktif harus
segera dilengkapi untuk memenuhi kualitas pendidikan di sekolah.
B.
Analisis Kebutuhan
Berdasarkan usulan kegiatan di atas maka dapat kita tetentukan mengenai
analisis kebutuhan dari usulan pengadaan papan tulis interaktif bagi SMP N 2
Sukaratu adalah:
1.
Meningkatkan Sarana Prasarana
2.
Meningkatkan pelayanan terhadap
kebutuhan peserta didik
3.
Membantu kebutuhan Guru dan
Peserta didik
4.
Meningkatkan efektivitas
proses pelaksanaan pembelajaran
5.
Optimalisasi kualitas dan
mutu para peserta didik
C. Anggaran Biaya
Rencana anggaran biaya yang diperlukan dalam pengadaan
papan tulis pada SMP
Negeri 2 Sukaratu seperti terlampir:
No |
Nama
barang |
Jumlah |
1. |
Interactive Whiteboard Terinstal
software animasi belajar jenjang SMP |
1 Unit |
2. |
Document Camera |
1 Unit |
3. |
Audio Speaker |
1 Unit |
4. |
Monitor |
1 Unit |
5. |
HDMI Extender |
1 Unit |
6. |
Wireless Keyboard Mouse Combo |
1 Unit |
7. |
Wifi Router Access Point |
1 Unit |
Sukaratu,
02 Januari 2020
Kepala
Sekolah SMP N 2 Sukaratu,
DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.
NIP.
19651225198911 1 001
BAB IV
P E N U T U P
Demikian
proposal ini dibuat dengan harapan agar pengadaan
papan tulis interaktf di lingkungan sekolah dapat mencapai sasaran dan tujuan sebagaimana yang
kita harapkan, berupa optimalisasi kegiatan pembelajaran di SMPN 2 Sukaratu.
Semoga Alloh SWT memberikan hidayah dan meridhoi niat dan
amal kita semua. Amiin.
Sukaratu,
02 Januari 2020
Kepala
Sekolah SMP N 2 Sukaratu,
DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.
NIP.
19651225198911 1 001
PEMERINTAH
KABUPATEN TASIKMALAYA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 2 SUKARATU
Jalan Sukamanah Gunungsari
Kec. Sukaratu. Kab. Tasikmalaya 46152
E-mail : smpn2sukaratu@gmail.com
TASIKMALAYA
KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH
Nomor : 094/ 453b/SMPN2 Skrt/I/2020
Tentang
PENETAPAN TIM
PENGELOLA BARANG/ PENGURUS BARANG
SMP NEGERI 2 SUKARATU 2020
Menimbang |
: |
a.
Bahwa dalam rangka efektivitas pemenuhan Standar sarana dan prasarana. b.
Bahwa untuk menunjang kelancaran proses pelaksanaan pembelajaran SMP N 2 Sukaratu Tahun Anggaran
2020 di tingkat sekolah perlu dibentuk pengelola/ pengurus barang SMP Negeri 2 Sukaratu Tahun 2020. |
Mengingat |
: |
a.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas; b.
PP No. 19 Tahun 2005 tentang SNP, yang telah diubah
dengan PP No. 32 Tahun 2013 dan PP No. 13 Tahun 2015 tentang Perubahan atas
PP No. 19 Tahun 2005 tentang SNP; c.
Permendikbud
Nomor 26 Tahun 2016 tentang Standar Sarana Prasarana; d.
Peraturan Gubernur Nomor
1 Tahun 2019 Tentang Penjabaran APBN Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2019;
dan e.
Hasil Rapat Pembentukan Tim Analisis Kebutuhan
Sarana Pendidikan. |
Menetapkan |
: |
MEMUTUSKAN |
Pertama |
: |
Menetapkan
Susunan Pengelola/
Pengurus Barang SMP Negeri 2 Sukaratu Tahun 2020 sebagaimana tertuang pada lampiran Keputusan
ini. |
Kedua |
: |
Panitia
sebagaimana butir pertama di atas berfungsi sebagai Pengelola/ Pengurus Barang SMP Negeri 2 Sukaratu Tahun 2020. |
Ketiga |
: |
Tim Penglola/ Pengurus Barang diangkat dengan masa tugas satu tahun atau periode
Tahun Anggaran 2020. |
Keempat |
: |
Semua
biaya yang timbul akibat dikeluarkannya Surat Keputusan ini dibebankan kepada
SMP Negeri 2 Sukaratu selaku penerima bantuan perangkat
meubeleair sekolah. |
Kelima |
: |
Surat
Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dan apabila dikemudian hari
terdapat kekeliruan, maka akan diperbaiki sebagaimana mestinya. |
Ditetapkan di :
Tasikmalaya
Pada Tanggal : 02 Januarir 2020
Kepala Sekolah,
DENDIN WARDIANA, S.Pd.,M.Pd.
NIP. 19651225 198911 1 001
Lampiran I : Keputusan Kepala SMP
N 2
Sukaratu
Kabupaten Tasikmalaya
Nomor : 094/453b/SMPN2Skrt/I/2020
Tanggal : 02 Januari 2020
TIM
PENGELOLA BARANG/ PENGURUS BARANG
SMP NEGERI 2 SUKARATU 2020
No |
Nama |
Jabatan Panitia |
Jabatan Dinas |
1. |
Deni
Nurdin,
A.Md. |
Pengurus
barang |
Kapala
Tata Usaha |
2. |
Aris
Pratama, S.Kom. |
Pembantu Pengurus barang |
Staf Tata
Usaha |
3. |
Odik,
S.Pd. |
Penyimpan
barang |
Wakasek
Sarana dan prasarana |
4. |
Asep Abdul
Aziz,S.Pd. |
Penyimpan
barang |
Ketua
Penanggungjawab Standar
Sarpras |
Sukaratu, 02 Januarai 2020
Kepala Sekolah,
DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19651225198911 1 001
PEMERINTAH KABUPATEN TASIKMALAYA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 2 SUKARATU
Jalan Sukamanah Gunungsari kec. Sukaratu
Kab. Tasikmalaya 46152
E-mail : smpn2sukaratu@gmail.com. TASIKMALAYA
SURAT PERNYATAAN
Nomor :
421.2 /453c /Smpn2Skrt/I /2020
Yang
bertanda tangan di bawah ini:
Nama : DENDIN WARDIANA,S.Pd.,M.Pd.
NIP : 19651225198911 1 001
Jabatan : Kepala Sekolah
Menyatakan
dengan sesungguhnya bahwa:
Kami
SMP Negeri 2 Sukaratu sebagai penerima bantuan Pengadaan Papan Tulis Interaktif sanggup memanfaatkan bantuan
tersebut sebagaimana mestinya. Disamping itu Kami SMP Negeri 2 Sukaratu sebagai
penerima bantuan peralatan tersebut juga mempunyai tempat untuk penyimpanan
barang dimaksud.
Demikian
surat pernyataan ini dibuat, untuk dapat
digunakan sebagaimana mestinya.
Sukaratu, 02 Januari 2020
Kepala SMP Negeri 2
Sukaratu
DENDIN WARDIANA,S.Pd.,M.Pd.
NIP. 19651225198911 1 001
0 comments: