PROPOSAL PENGADAAN PAPAN TULIS INTERAKTIF UNTUK SMP

 

PROPOSAL

OLEH: DADANG HUDAN DARDIRI,S.Pd.,M.Pd.



PENGADAAN PAPAN TULIS INTERAKTIF UNTUK SMP

 

 

                                                                                        

SMP NEGERI 2 SUKARATU

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 2 SUKARATU

JalanSukamanah, Desa Gunungsari, Kec. Sukaratu, Kab. Tasikmalaya

E-mail :smpn2sukaratu@gmail.com

 

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

Proposal Pengadaan Papan Tulis Interaktif Untuk SMP, kami susun bersama komite sekolah dan tenaga pengajar serta disahkan dan disetujui oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya.

 

 

 

 

 

Mengesahkan/ Menyetujui

 

 

 

Mengetahui

Komite Sekolah

 

 

 

Drs.TASDIK WINAYA, M.M.

Tasikmalaya, 02 Januari 2020

Kepala SMP Negeri 2 Sukaratu

 

 

 

DENDIN WARDIANA,S.Pd.,M.Pd.

NIP. 19651225198911 1 001

 

Mengesahkan,

Kepala Dinas Pendidikan

Kabupaten Tasikmalaya

 

 

 

 

 

 

DADAN WARDANA, S.IP., M.M.

Pembina Utama, IV/C

NIP. 19690405 199603 1 002

 

 



PEMERINTAH KABUPATEN TASIKMALAYA

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDYAAN

SMP NEGERI 2 SUKARATU

Jalan Sukamanah  Gunungsari  kec. Sukaratu Tlp.(0265)7060033  Kab. Tasikmalaya 46152

E-mail : smpn2sukaratu@gmail.com. TASIKMALAYA


Nomor             :  028/ 453a/SMPN2Skrt/I/2020                                                     02 Januari 2020

Lampiran        : 1 (Satu) berkas

Perihal            :  Pengadaan Papan Tulis Interaktif Untuk SMP

Kepada

Yth.:

Gubernur Provinsi Jawa Barat     

Melalui

Bupati Kab.Tasikmalaya

 

Di

Tasikmalaya

 

 
 

 

 

 


                         

 

 

 

 

 

Dengan hormat,

Bersama dengan proposal ini, kami Kepala SMP Negeri 2 Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya bersama Komite Sekolah dan Staf Pengajar mengajukan Permohonan  Pengadaan Papan Tulis interaktif pada SMP N 2 Sukaratu Tahun Anggaran 2020. Kebutuhan akan papan tulis yang dirasakan amat mendesak, yang bepengaruh langsung terhadap keberlasungan dan efektivitas kegiatan belajar.

Program di atas mempunyai peranan penting dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan nasional, oleh karena hal itu mohon kiranya proposal kami dapat diterima dan menjadi bahan pertimbangan untuk tahun anggaran 2020.

Demikian permohonan ini Kami sampaikan dengan sesungguhnya.

Atas waktu dan perhatiannya diucapkan terima kasih.

 

Kepala Sekolah,

 

 

DENDIN WARDIANA,S.Pd.,M.Pd.

NIP. 19651225198911 1 001

 

KATA PENGANTAR

 

Alhamdulillah segala puji bagi Allah, hanya dengan hidayah, inayahNya, dan taufikNya,  Pengadaan Papan Tulis Interaktif untuk SMP dapat terselesaikan.

Dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan secara maksimal diperlukan proses pembelajaran yang kondusif dengan melibatkan semua komponen pembelajaran secara optimal. Salah satu komponen penting sarana dan parasarana pembelajaran adalah tersedianya papan tulis yang memadai.

SMP Negeri 2 Sukaratu  sebagai salah satu sekolah di Kabupaten Tasikmalaya  juga merasakan betapa pentingnya keberadaan Pengadaan Papan Tulis Interaktif Untuk SMP sebagai salah satu unsur pendukung keberhasilan proses pembelajaran.

Proposal ini kami ajukan untuk melengkapi permohonan bantuan Pengadaan papan tulis  interaktif pada  SMPN 2 Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya.

 

Kepala Sekolah,

 

 

 

DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.

NIP. 19651225198911 1 001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

LEMBAR PENGESAHAN

SURAT PENGANTAR

KATA PENGANTAR……………………………………………………………....

DAFTAR ISI            ……………………………………………………………………....

 

 

i

ii

BAB I

PENDAHULUAN

1

 

A.

Latar Belakang…………………………………………………....

1

 

B.

Dasar Hukum…………………………………………………..…

2

 

C.

Tujuan dan Manfaat……………………………………………....

3

 

D.

Sasaran………………………………………………………..…..

3

BAB II

PENGORGANISASIAN

4

 

A.

Visi dan Misi SMP N 2 Sukaratu……………………………...….

4

 

B.

Susunan Pengelola atau Pengurus Barang......................................

7

BAB III

USULAN, ANALISIS DAN RENCANA ANGGARAN

8

 

A.

Usulan Kegiatan……………………………………………..........

8

 

B.

Analisis Kebutuhan………………………………………..……...

8

 

C.

Rencana Anggaran Biaya……………..……………………..……

9

BAB IV

PENUTUP

10

LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.   Latar Belakang

Papan tulis merupakan media dua dimensi yang paling terkenal dan telah cukup lama digunakan di berbagai tempat. Pemanfaatan papan tulis tidak hanya di lingkungan sekolah, melainkan juga di rumah-rumah sakit, kantor-kantor, lembaga-lembaga pendidikan, dan bahkan keluarga. Kapan papan tulis mulai digunakan orang tak dapat diketahui dengan pasti. Berabad-abad lamanya papan tulis telah digunakan untuk papan tulis bermacam-macam. Bahan yang paling lazim untuk pembuatan papan tulis adalah kayu yang dicat hitam.      Papan tulis berbahan kayu yang dicat hitam memerlukan kapur tulis untuk memanfaatkan papan tulis itu sebagai media pembelajaran. Selain papan tulis berwarna hitam,terdapat juga papan tulis berwarna putih dengan permukaan yang lebih halus. Papan tulis putih (white board) memerlukan spidol untuk alat tulisnya. Dewasa ini warna papan tulis cukup bervariasi, tidak hanya hitam dan putih, tetapi juga warna-warna lain. Penggunaan warna lain tersebut dimaksudkan untuk menambah keefektifan dan mengurangi kelelahan mata.

Papan tulis interaktif adalah papan tulis digital yang memiliki layar sensitif bila disentuh dan bekerja mirip dengan sistem komputer, karena papan tulis ini dapat menyimpan informasi yang pernah ditulis diatasnya. Papan tulis interaktif adalah salah satu aplikasi teknologi layar sentuh.

Papan tulis interaktif banyak digunakan sebagai media presentasi. Teknologi papan tulis interaktif memungkinkan terjadinya perekaman presentasi dan pengoreksian apabila terjadi kesalahan. Papan tulis interaktif juga dapat melakukan ”Presentasi Konferensi”, yaitu presentasi yang dapat berlangsung bersamaan di dua lokasi atau lebih. Dalam Presentasi Konferensi, pengoreksian terhadap presentasi yang berlangsung dapat dilakukan melalui media Papan Tulis Interaktif.

Bertolak dari pemikiran di atas maka sekolah menganggap bahwa pengadaan perangkat papan tulis interaktif di SMP Negeri 2 Sukaratu, Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya adalah hal yang sangat penting dan mendesak untuk diwujudkan.

B.      Dasar Hukum

a.        Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa;

b.       Undang-Undang No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);

c.        Undang-Undang No. 19 tahun 2005, tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496);

d.       Perpres Nomor 141 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019;

e.        Permendikbud Nomor 1 Tahun 2019 tentang Petunjuk Operasional DAK Fisik Bidang Pendidikan;

f.        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2007, tentang Standar Sarana Prasarana; dan

g.       Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Nomor: 800/kep.356/disdikbud tentang penetapapan Sekolah Menengah Pertama Penerima DAK Fisik Bidang Pendidikan di Kabupaten Tasikmalaya.

 

C.      Tujuan dan Manfaat

1.                         Tujuan

Tujuan dari proposal pengajuan permohonan bantuan ini adalah sebagai berikut:

a.       Terjaminnya efektivitas proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

b.       Tercapainya mutu dan kualitas para peserta didik.

c.       Terwujudnya pemenuhan program sarana dan prasarana keagamaan sekolah berdasarkan standar nasional pendidikan; dan

d.       Optimalisasi bentuk pelayanan publik.

2.                 Manfaat

Proposal pengajuan permohonan bantuan ini bagi sekolah bermanfaat:

a.       Optimalisasi proses pelaksanaan pembelajaran.

b.       Peningkatan mutu para peserta didik.

D.    Sasaran

Sasaran dari pengajuan proposal ini adalah terlaksananya pemenuhan program optimalisasi proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah yang termasuk ke dalam standar sarana dan prasarana pendidikan SMP Negeri 2 Sukaratu, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.

 

 

BAB II

PENGORGANISASIAN

 

A.       Visi dan Misi SMP Negeri 2 Sukaratu

1.     Visi

Visi adalah  gambaran  ideal untuk  masa depan yang diinginkan oleh sekolah. Visi ini memberikan wawasan yang menjadi sumber arahan bagi  sekolah  dan  digunakan  untuk  memandu  perumusan  misi sekolah. Visi adalah pandangan jauh ke depan ke mana sekolah  akan dibawa.  Gambaran  masa  depan  harus  didasarkan  pada  landasan yuridis,  yaitu  undang-undang,  peraturan  pemerintah,  peraturan menteri  dan  peraturan  perundangan  lainnya  sesuai  dengan  jenjang dan jenis sekolahnya.

Visi  sekolah  harus  tetap  dalam  kerangka  kebijakan  pendidikan nasional,  tetapi  sesuai  dengan  kebutuhan  sekolah  untuk  pelayanan masyarakat.  Dengan  tujuan  pendidikan  nasional  yang  rumusannya sama,  profil  sekolah  dan  kebutuhan  masyarakat  yang  dilayani sekolah tidak selalu sama. Oleh karena itu, sekolah memilikivisi yang tidak  sama  dengan  sekolah  lain,  asalkan  tidak  keluar  dari  koridor tujuan pendidikan nasional.

Visi SMP Negeri 2 Sukaratu adalah :

 “ Mewujudkan Sekolah yang Bermartabat (Berahlak Mulia, Mandiri, Terampil, Berwawasan Lingkungan, Berlandaskan Iman Dan Takwa)”.

       Indikator visi Visi SMP Negeri 2 Sukaratu adalah sebagai berikut :

a.        Meningkatkan efektifitas pembelajaran;

b.       Mengoptimalkan perolehan hasil belajar peserta didik;

c.        Meningkatkan kecakapan dan keterampilan;

d.       Mewujudkan perilaku peserta didik yang sesuai nilai-nilai spiritual; dan

e.       Meningkatkan kepedulian sosial peserta didik.

2.     Misi

Misi SMP Negeri 2 Sukaratu adalah sebagai berikut:

1.       Meningkatkan efektivitas proses pembelajaran;

2.       Meningkatkan pembinaan kompetensi peserta didik  secara optimal;

3.       Mendorong  kemandirian, tanggung  jawab,  kejujuran,  percaya  diri  dan semangat untuk berkompetisi para peserta didik;

4.       Mendorong peserta didik memiliki  pemahaman dan pengamalan  nilai-nilai keagamaan serta memililiki solidaritas dan kepedulian sosial;

5.       Menerapkan sekolah yang berwawasan lingkungan hidup; dan

6.       Mendorong warga sekolah sebagai pembelajar sepanjang hayat.

3.     Tujuan Sekolah

Berdasarkan visi dan misi yang telah dijelaskan di atas maka tujuan SMP Negeri 2 Sukaratu dapat dijelaskan sebagai berikut:

1.       Sekolah mampu menyusun  kurikulum  SMP yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik;

2.       Sekolah mampu melaksanakan pembinaan pada peserta didik sehingga menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa, berakhlaq mulia, sehat, terampil, mandiri dan memiliki kepedulian sosial;

3.       Sekolah mampu menghasilkan lulusan yang trampil, mandiri, berakhlaq;

4.       Sekolah mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan pendekatan belajar tuntas, pembelajaran mandiri (self learning), dan menerapkan pendidikan inklusif (Inclusive Education);

5.       Sekolah mampu menyusun rencana dan pelakasanaan penilaian peserta didik secara profesional, educatif, efektif, efisien, informatif, akuntabel dan informatif sesuai dengan tuntutan kurikulum;

6.       Sekolah mampu memfasilitasi bakat dan minat peserta didik dalam wadah kegiatan ektrakurikuler;

7.       Sekolah mampu meningkatkan profesionalisme, kompetensi dan kedisiplinan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan;

8.       Sekolah mampu memenuhi sarana dan prasarana secara minimal sesuai Standar Pelayanan Minimal;

9.       Sekolah  mampu  memenuhi  kelengkapan  administrasi perencanaan,  pelaksanaan,  monitoring  dan  evaluasi penyelenggaraan sekolah;

10.    Sekolah mengembangkan Kurikulum Berbasis Lingkungan:

a.    Pengembangan model pembelajaran lintas mata pelajaran.

b.   Penggalian dan pengembangan materi dan persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat sekitar.

c.    Pengembangan metode belajar berbasis lingkungan dan budaya.

d.   Pengembangan kegiatan kurikuler untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup.

11.    Pengelolaan dan atau Pengembangan Sarana Pendukung Sekolah yang berwawasan lingkungan:

a.    Pengembangan fungsi sarana pendukung sekolah yang ada untuk pendidikan lingkungan hidup.

b.   Peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam dan di luar kawasan sekolah.

c.    Penghematan sumberdaya alam (listrik, air, dan ATK).

d.   Peningkatan kualitas pelayanan makanan sehat.

e.    Pengembangan sistem pengelolaan sampah.

12.    Sekolah mampu melaksanakan pengelolalaan keuangan secara akuntable, tansparan dan efisien.

B.    Susunan pengelola/ penyimpan

Susunan pengelola/ penyimpan barang di SMP Negeri 2 Sukaratu terdiri dari sebagai berikut:

No

Nama

Jabatan Panitia

Jabatan Dinas

1.

Deni Nurdin, A.Md.

Pengurus barang

Kapala Tata Usaha

2.

Aris Pratama, S.Kom.

Pembantu Pengurus barang

Staf Tata Usaha

3.

Odik, S.Pd.

Penyimpan barang

Wakasek Sarana dan prasarana

4.

Asep Abdul Aziz,S.Pd.

Penyimpan barang

Ketua Penanggungjawab

Standar Sarpras

 

 

 

 

 

BAB III

USULAN, ANALISIS DAN RENCANA ANGGARAN

 

A.      Usulan Kegiatan

Salah satu prasarana yang sangat diperlukan sekolah dalam mencapai peningkatan mutu pendidikan diantaranya adalah pengadaan sarana peralatan papan tulis interaktif.

Papan tulis secara umum memiliki fungsi: (1) Tempat menuliskan pokok-pokok pikiran penjelasan guru dalam pembelajaran klasikal, kelompok, maupun individual; (2) Tempat menuliskan bagan, grafik, gambar ilustrasi, peta konsep, dan lain-lain untuk mendukung penjelasan guru; (3) Tempat menuliskan rangkuman materi pembelajaran, tugas-tugas, soal-soal latihan, dan soal-soal ulangan; (4) Papan tulis dapat memotivasi siswa dengan jalan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan tugas pada papan tulis; (5) Papan tulis juga berfungsi sebagai tempat meletakkan media grafis seperti bagan, foster, gambar, foto, dan lain-lain, ketika guru menggunakan media grafis tersebut dalam menjelaskan suatu materi pelajaran.

Sarana dan prasarana pendidikan berupa papan tulis interaktif harus segera dilengkapi untuk memenuhi kualitas pendidikan di sekolah.

B.      Analisis Kebutuhan

Berdasarkan usulan kegiatan di atas maka dapat kita tetentukan mengenai analisis kebutuhan dari usulan pengadaan papan tulis interaktif bagi SMP N 2 Sukaratu adalah:

1.       Meningkatkan Sarana Prasarana

2.       Meningkatkan pelayanan terhadap kebutuhan peserta didik

3.       Membantu kebutuhan Guru dan Peserta didik

4.       Meningkatkan efektivitas proses pelaksanaan pembelajaran

5.       Optimalisasi kualitas dan mutu para peserta didik

 

 

C.      Anggaran Biaya

Rencana anggaran biaya yang diperlukan dalam pengadaan papan tulis pada SMP Negeri 2 Sukaratu seperti terlampir:

No

Nama barang

Jumlah

1.

Interactive Whiteboard Terinstal software animasi belajar jenjang SMP

1 Unit

2.

Document Camera

1 Unit

3.

Audio Speaker

1 Unit

4.

Monitor

1 Unit

5.

HDMI Extender

1 Unit

6.

Wireless Keyboard Mouse Combo

1 Unit

7.

Wifi Router Access Point

1 Unit

 

Sukaratu,  02 Januari 2020

Kepala Sekolah SMP N 2 Sukaratu,

 

 

 

 

 

 

DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.

NIP. 19651225198911 1 001

BAB IV

P E N U T  U P

 

Demikian proposal ini dibuat dengan harapan agar pengadaan papan tulis interaktf di lingkungan sekolah dapat mencapai sasaran dan tujuan sebagaimana yang kita harapkan, berupa optimalisasi kegiatan pembelajaran di SMPN 2 Sukaratu.

Semoga Alloh SWT memberikan hidayah dan meridhoi niat dan amal kita semua. Amiin.

 

 

Sukaratu,  02 Januari 2020

Kepala Sekolah SMP N 2 Sukaratu,

 

 

 

 

 

 

DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.

NIP. 19651225198911 1 001

 

 

 

 

 

 

 



PEMERINTAH KABUPATEN TASIKMALAYA

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 2 SUKARATU

Jalan Sukamanah  Gunungsari  Kec. Sukaratu. Kab. Tasikmalaya 46152

E-mail : smpn2sukaratu@gmail.com

TASIKMALAYA

 

KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH

Nomor : 094/ 453b/SMPN2 Skrt/I/2020

 

Tentang

PENETAPAN TIM

PENGELOLA BARANG/ PENGURUS BARANG

SMP NEGERI 2 SUKARATU 2020

 

Menimbang      

:

a.        Bahwa dalam rangka efektivitas pemenuhan  Standar sarana dan prasarana.

b.        Bahwa untuk menunjang kelancaran proses pelaksanaan pembelajaran SMP N 2 Sukaratu Tahun Anggaran 2020 di tingkat sekolah perlu dibentuk pengelola/ pengurus barang SMP Negeri 2 Sukaratu Tahun 2020.

Mengingat          

:

a.    Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;

b.    PP No. 19 Tahun 2005 tentang SNP, yang telah diubah dengan PP No. 32 Tahun 2013 dan PP No. 13 Tahun 2015 tentang Perubahan atas PP No. 19 Tahun 2005 tentang SNP;

c.    Permendikbud Nomor 26 Tahun 2016 tentang Standar Sarana Prasarana;

d.    Peraturan Gubernur Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Penjabaran APBN Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2019; dan

e.    Hasil Rapat Pembentukan Tim Analisis Kebutuhan Sarana Pendidikan.

 

Menetapkan        

 

:

MEMUTUSKAN

Pertama           

:

Menetapkan Susunan  Pengelola/ Pengurus Barang SMP Negeri 2 Sukaratu Tahun 2020  sebagaimana tertuang pada lampiran Keputusan ini.

Kedua                  

:

Panitia sebagaimana butir pertama di atas berfungsi sebagai Pengelola/ Pengurus Barang SMP Negeri 2 Sukaratu Tahun 2020.

Ketiga

:

Tim Penglola/ Pengurus Barang diangkat dengan masa tugas satu tahun atau periode Tahun Anggaran 2020.

Keempat

:

Semua biaya yang timbul akibat dikeluarkannya Surat Keputusan ini dibebankan kepada SMP Negeri 2 Sukaratu selaku penerima bantuan perangkat meubeleair sekolah.

Kelima

:

Surat Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan, maka akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

 

Ditetapkan di  : Tasikmalaya

Pada Tanggal   :  02 Januarir 2020

Kepala Sekolah,

 

 

 

DENDIN WARDIANA, S.Pd.,M.Pd.

NIP. 19651225 198911 1 001

 

 

 

 

 Lampiran I :   Keputusan Kepala SMP N 2 Sukaratu

                        Kabupaten Tasikmalaya

 

                                        Nomor                     : 094/453b/SMPN2Skrt/I/2020

Tanggal                   : 02 Januari 2020

 

 

TIM

PENGELOLA BARANG/ PENGURUS BARANG

SMP NEGERI 2 SUKARATU 2020

 

 

No

Nama

Jabatan Panitia

Jabatan Dinas

1.

Deni Nurdin, A.Md.

Pengurus barang

Kapala Tata Usaha

2.

Aris Pratama, S.Kom.

Pembantu Pengurus barang

Staf Tata Usaha

3.

Odik, S.Pd.

Penyimpan barang

Wakasek Sarana dan prasarana

4.

Asep Abdul Aziz,S.Pd.

Penyimpan barang

Ketua Penanggungjawab

Standar Sarpras

 

 

Sukaratu,  02 Januarai 2020

Kepala Sekolah,

 

 

 

DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.

NIP. 19651225198911 1 001

 

 

 

 

 



PEMERINTAH KABUPATEN TASIKMALAYA

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 2 SUKARATU

Jalan Sukamanah  Gunungsari  kec. Sukaratu  Kab. Tasikmalaya 46152

E-mail : smpn2sukaratu@gmail.com. TASIKMALAYA

 

 


SURAT PERNYATAAN

Nomor : 421.2 /453c /Smpn2Skrt/I /2020

 

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama  : DENDIN WARDIANA,S.Pd.,M.Pd.

NIP      : 19651225198911 1 001

Jabatan            : Kepala Sekolah

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa:

Kami SMP Negeri 2 Sukaratu sebagai penerima bantuan Pengadaan Papan Tulis Interaktif sanggup memanfaatkan bantuan tersebut sebagaimana mestinya. Disamping itu Kami SMP Negeri 2 Sukaratu sebagai penerima bantuan peralatan tersebut juga mempunyai tempat untuk penyimpanan barang dimaksud.

Demikian surat pernyataan ini dibuat,  untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Sukaratu, 02 Januari 2020

Kepala SMP Negeri 2 Sukaratu

 


 

 

 


DENDIN WARDIANA,S.Pd.,M.Pd.

                                                                                       NIP. 19651225198911 1 001

 


0 comments: