PROPOSAL PENGADAAN PERALATAN EDUBOOK SEBAGAI SARANA BELAJAR KOLEKTIF BERBASIS TABLE JENJANG SMP

 

OLEH:DADANG HUDAN DARDIRI,S.Pd.,M.Pd.

PROPOSAL


 

PENGADAAN PERALATAN EDUBOOK SEBAGAI SARANA BELAJAR KOLEKTIF BERBASIS TABLE JENJANG SMP

 

SMP NEGERI 2 SUKARATU

 

 

 

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 2 SUKARATU

JalanSukamanah, Desa Gunungsari, Kec. Sukaratu, Kab. Tasikmalaya

E-mail :smpn2sukaratu@gmail.com

 2020

 

 

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

Proposal Pengadaan Peralatan Edubook Sebagai Sarana Belajar Kolektif Berbasis Table Jenjang SMP, kami susun bersama komite sekolah dan tenaga pengajar serta disahkan dan disetujui oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya.

 

 

 

 

 

Mengesahkan/ Menyetujui

 

 

 

Mengetahui

Komite Sekolah

 

 

 

Drs.TASDIK WINAYA, M.M.

Tasikmalaya, 02Januari 2020

Kepala SMP Negeri 2 Sukaratu

 

 

 

DENDIN WARDIANA,S.Pd.,M.Pd.

NIP. 19651225198911 1 001

 

Mengesahkan,

Kepala Dinas Pendidikan

Kabupaten Tasikmalaya

 

 

 

 

DADAN WARDANA, S.IP., M.M.

Pembina Utama, IV/C

NIP. 19690405 199603 1 002

IMG_20130425_0001KabupatenPEMERINTAH KABUPATEN TASIKMALAYA

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDYAAN

SMP NEGERI 2 SUKARATU

Jalan Sukamanah  Gunungsari  kec. Sukaratu Tlp.(0265)7060033  Kab. Tasikmalaya 46152

E-mail : smpn2sukaratu@gmail.com. TASIKMALAYA

 

Nomor             :  028/ 452a /SMPN2Skrt/I/2020                          02 Januari 2020

Lampiran        : 1 (Satu) berkas

Perihal            : Proposal Pengadaan Peralatan Edubook

Sebagai Sarana Belajar Kolektif Berbasis Table

Jenjang SMP

Kepada

Yth.:

Gubernur Provinsi Jawa Barat     

Melalui

Bupati Kab.Tasikmalaya

Di

Tasikmalaya

 

 
 

 

 


                          

 

 

 

 

 

Dengan hormat,

Bersama dengan proposal ini, kami Kepala SMP Negeri 2 Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya bersama Komite Sekolah dan Staf Pengajar mengajukan Permohonan  Pengadaan Peralatan Edubook sebagai sarana belajar kolektif pada SMP N 2 Sukaratu Tahun Anggaran 2020. Kebutuhan akan peralatan Edubook yang dirasakan amat mendesak, yang bepengaruh langsung terhadap keberlasungan dan efektivitas kegiatan belajar.

Program di atas mempunyai peranan penting dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan nasional, oleh karena hal itu mohon kiranya proposal kami dapat diterima dan menjadi bahan pertimbangan untuk tahun anggaran 2020.

Demikian permohonan ini Kami sampaikan dengan sesungguhnya.

Atas waktu dan perhatiannya diucapkan terima kasih.

Kepala Sekolah,

DENDIN WARDIANA,S.Pd.,M.Pd.

NIP. 19651225198911 1 001

 

KATA PENGANTAR

 

Alhamdulillah segala puji bagi Allah, hanya dengan hidayah, inayahNya, dan taufikNya, Proposal Pengadaan Peralatan Edubook Sebagai Sarana Belajar Kolektif Berbasis Table Jenjang SMP dapat terselesaikan.

Dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan secara maksimal diperlukan proses pembelajaran yang kondusif dengan melibatkan semua komponen pembelajaran secara optimal. Salah satu komponen penting sarana dan parasarana pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi diantaranya yaitu pengadaan peralatan edubook.

SMP Negeri 2 Sukaratu  sebagai salah satu sekolah di Kabupaten Tasikmalaya  juga merasakan betapa pentingnya keberadaan peralatan edubook sebagai salah satu unsur pendukung keberhasilan proses pembelajaran.

Proposal ini kami ajukan untuk melengkapi permohonan bantuan Pengadaan perlatan edubook Sebagai Sarana Belajar Kolektif Berbasis Table pada  SMPN 2 Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya.

 

Kepala Sekolah,

 

 

 

DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.

NIP. 19651225198911 1 001

 

DAFTAR ISI

 

LEMBAR PENGESAHAN

SURAT PENGANTAR

KATA PENGANTAR……………………………………………………………....

DAFTAR ISI   ……………………………………………………………………....

 

 

i

ii

BAB I

PENDAHULUAN

1

 

A.

Latar Belakang…………………………………………………....

1

 

B.

Dasar Hukum…………………………………………………..…

2

 

C.

Tujuan dan Manfaat……………………………………………....

3

 

D.

Sasaran………………………………………………………..…..

4

BAB II

PENGORGANISASIAN

5

 

A.

Visi dan Misi SMP N 2 Sukaratu……………………………...….

5

 

B.

Susunan Pengelola atau Pengurus Barang......................................

8

BAB III

USULAN, ANALISIS DAN RENCANA ANGGARAN

9

 

A.

Usulan Kegiatan……………………………………………..........

9

 

B.

Analisis Kebutuhan………………………………………..……...

9

 

C.

Rencana Anggaran Biaya……………..……………………..……

10

BAB IV

PENUTUP

11

LAMPIRAN

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.   Latar Belakang

Pengertian E-book adalah suatu buku yang bentuknya digital atau elektronik dimana biasanya berisi informasi atau panduan/ tutorial. Buku elektronik ini hanya bisa dibuka dan dibaca melalui perangkat elektronik seperti komputer, tablet, dan smartphone.

Tak berbeda jauh dengan buku cetak pada umumnya, e-book  (electronic book) atau buku elektronik juga berisi tulisan-tulisan dan gambar dengan berbagai tema, misalnya seperti e-book teknologi, e-book ilmu pengetahuan, e-book motivasi, e-book tutorial, dan masih banyak tema lainnya.

Di jaman yang serba digital ini, tentu saja e-book lebih banyak  digunakan daripada buku cetak. Mengacu pada pengertian ebook diatas sebagai buku yang berbentuk digital maka dari segi penggunaan dan penyimpanannya akan lebih praktis, sehingga banyak orang yang lebih memilih membeli ebook daripada buku cetak.

Fungsi e-book secara umum adalah sebagai media untuk membaca informasi secara digital melalui perangkat khusus. Umumnya pengguna e-book adalah mereka yang sudah melek teknologi dan terbiasa membeli e-book untuk media belajar. Berikut ini fungsi ebook bagi penggunanya dan juga bagi penyedianya:

1.       Sebagai Sarana untuk Belajar

2.       Sebagai Media Informasi

Seperti yang sempat disinggung pada pengertian e-book di atas, tujuan dibuatnya e-book adalah untuk memudahkan proses penyebaran informasi dan pembelajaran kepada penggunanya. Adapaun beberapa tujuan e-book adalah sebagai berikut:

1.           Memudahkan Pembuatan Buku

2.           Menghemat Biaya Pembuatan Buku

3.           Memudahkan Proses Penyebaran Informasi

4.           Memudahkan Proses Belajar dan Mengajar

5.           Melindungi Informasi yang Disebarkan

Dalam pelaksanaan program memfasilitasi kreativitas peserta didik di SMPN 2 Sukaratu sangat memerlukan peralatan edubook tersebut. Bertolak dari pemikiran di atas maka pengadaan perangkat edubook Sebagai Sarana Belajar Kolektif Berbasis Table di SMP Negeri 2 Sukaratu, Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya adalah hal yang sangat penting dan mendesak untuk diwujudkan.

B.      Dasar Hukum

a.        Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa;

b.       Undang-Undang No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);

c.        Undang-Undang No. 19 tahun 2005, tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496);

d.       Perpres Nomor 141 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019;

e.        Permendikbud Nomor 1 Tahun 2019 tentang Petunjuk Operasional DAK Fisik Bidang Pendidikan;

f.        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2007, tentang Standar Sarana Prasarana; dan

g.       Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 79 Tahun 2019 Tentang Penjabaran Anggaran  Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat

 

C.      Tujuan dan Manfaat

1.       Tujuan

Tujuan dari proposal pengajuan permohonan bantuan ini adalah sebagai berikut:

a.        Terjaminnya efektivitas proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

b.       Tercapainya mutu dan kualitas para peserta didik.

c.       Terwujudnya pemenuhan program sarana dan prasarana keagamaan sekolah berdasarkan standar nasional pendidikan; dan

d.       Optimalisasi bentuk pelayanan publik.

2.                 Manfaat

Proposal pengajuan permohonan bantuan ini bagi sekolah bermanfaat:

a.       Optimalisasi proses pelaksanaan pembelajaran.

b.       Peningkatan mutu para peserta didik.

 

 

D.    Sasaran

Sasaran dari pengajuan proposal ini adalah terlaksananya pemenuhan program optimalisasi proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah yang termasuk ke dalam standar sarana dan prasarana pendidikan SMP Negeri 2 Sukaratu, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PENGORGANISASIAN

 

A.       Visi dan Misi SMP Negeri 2 Sukaratu

1.     Visi

Visi adalah  gambaran  ideal untuk  masa depan yang diinginkan oleh sekolah. Visi ini memberikan wawasan yang menjadi sumber arahan bagi  sekolah  dan  digunakan  untuk  memandu  perumusan  misi sekolah. Visi adalah pandangan jauh ke depan ke mana sekolah  akan dibawa.  Gambaran  masa  depan  harus  didasarkan  pada  landasan yuridis,  yaitu  undang-undang,  peraturan  pemerintah,  peraturan menteri  dan  peraturan  perundangan  lainnya  sesuai  dengan  jenjang dan jenis sekolahnya.

Visi  sekolah  harus  tetap  dalam  kerangka  kebijakan  pendidikan nasional,  tetapi  sesuai  dengan  kebutuhan  sekolah  untuk  pelayanan masyarakat.  Dengan  tujuan  pendidikan  nasional  yang  rumusannya sama,  profil  sekolah  dan  kebutuhan  masyarakat  yang  dilayani sekolah tidak selalu sama. Oleh karena itu, sekolah memilikivisi yang tidak  sama  dengan  sekolah  lain,  asalkan  tidak  keluar  dari  koridor tujuan pendidikan nasional.

Visi SMP Negeri 2 Sukaratu adalah :

 “ Mewujudkan Sekolah yang Bermartabat (Berahlak Mulia, Mandiri, Terampil, Berwawasan Lingkungan, Berlandaskan Iman Dan Takwa)”.

       Indikator visi Visi SMP Negeri 2 Sukaratu adalah sebagai berikut :

a.        Meningkatkan efektifitas pembelajaran;

a.       Mengoptimalkan perolehan hasil belajar peserta didik;

b.       Meningkatkan kecakapan dan keterampilan;

c.        Mewujudkan perilaku peserta didik yang sesuai nilai-nilai spiritual; dan

d.       Meningkatkan kepedulian sosial peserta didik.

2.     Misi

Misi SMP Negeri 2 Sukaratu adalah sebagai berikut:

1.       Meningkatkan efektivitas proses pembelajaran;

2.       Meningkatkan pembinaan kompetensi peserta didik  secara optimal;

3.       Mendorong  kemandirian, tanggung  jawab,  kejujuran,  percaya  diri  dan semangat untuk berkompetisi para peserta didik;

4.       Mendorong peserta didik memiliki  pemahaman dan pengamalan  nilai-nilai keagamaan serta memililiki solidaritas dan kepedulian sosial;

5.       Menerapkan sekolah yang berwawasan lingkungan hidup; dan

6.       Mendorong warga sekolah sebagai pembelajar sepanjang hayat.

3.     Tujuan Sekolah

Berdasarkan visi dan misi yang telah dijelaskan di atas maka tujuan SMP Negeri 2 Sukaratu dapat dijelaskan sebagai berikut:

1.       Sekolah mampu menyusun  kurikulum  SMP yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik;

2.       Sekolah mampu melaksanakan pembinaan pada peserta didik sehingga menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa, berakhlaq mulia, sehat, terampil, mandiri dan memiliki kepedulian sosial;

3.       Sekolah mampu menghasilkan lulusan yang trampil, mandiri, berakhlaq;

4.       Sekolah mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan pendekatan belajar tuntas, pembelajaran mandiri (self learning), dan menerapkan pendidikan inklusif (Inclusive Education);

5.       Sekolah mampu menyusun rencana dan pelakasanaan penilaian peserta didik secara profesional, educatif, efektif, efisien, informatif, akuntabel dan informatif sesuai dengan tuntutan kurikulum;

6.       Sekolah mampu memfasilitasi bakat dan minat peserta didik dalam wadah kegiatan ektrakurikuler;

7.       Sekolah mampu meningkatkan profesionalisme, kompetensi dan kedisiplinan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan;

8.       Sekolah mampu memenuhi sarana dan prasarana secara minimal sesuai Standar Pelayanan Minimal;

9.       Sekolah  mampu  memenuhi  kelengkapan  administrasi perencanaan,  pelaksanaan,  monitoring  dan  evaluasi penyelenggaraan sekolah;

10.    Sekolah mengembangkan Kurikulum Berbasis Lingkungan:

a.    Pengembangan model pembelajaran lintas mata pelajaran.

b.   Penggalian dan pengembangan materi dan persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat sekitar.

c.    Pengembangan metode belajar berbasis lingkungan dan budaya.

d.   Pengembangan kegiatan kurikuler untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup.

11.    Pengelolaan dan atau Pengembangan Sarana Pendukung Sekolah yang berwawasan lingkungan:

a.    Pengembangan fungsi sarana pendukung sekolah yang ada untuk pendidikan lingkungan hidup.

b.   Peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam dan di luar kawasan sekolah.

c.    Penghematan sumberdaya alam (listrik, air, dan ATK).

d.   Peningkatan kualitas pelayanan makanan sehat.

e.    Pengembangan sistem pengelolaan sampah.

12.    Sekolah mampu melaksanakan pengelolalaan keuangan secara akuntable, tansparan dan efisien.

  1. Susunan pengelola/ penyimpan

Susunan pengelola/ penyimpan barang di SMP Negeri 2 Sukaratu terdiri dari sebagai berikut:

No

Nama

Jabatan Panitia

Jabatan Dinas

1.

Deni Nurdin, A.Md.

Pengurus barang

Kapala Tata Usaha

2.

Aris Pratama, S.Kom.

Pembantu Pengurus barang

Staf Tata Usaha

3.

Odik, S.Pd.

Penyimpan barang

Wakasek Sarana dan prasarana

4.

Asep Abdul Aziz,S.Pd.

Penyimpan barang

Ketua Penanggungjawab

Standar Sarpras

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

USULAN, ANALISIS DAN RENCANA ANGGARAN

 

  1. Usulan Kegiatan

Salah satu prasarana yang sangat diperlukan sekolah dalam mencapai peningkatan mutu pendidikan diantaranya adalah pengadaan sarana peralatan edubook sekolah.

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, tujuan dibuatnya e-book adalah untuk memudahkan proses penyebaran informasi dan pembelajaran kepada penggunanya. Adapaun beberapa tujuan e-book adalah sebagai berikut:

1.       Memudahkan Pembuatan Buku

2.       Menghemat Biaya Pembuatan Buku

3.       Memudahkan Proses Penyebaran Informasi

4.       Memudahkan Proses Belajar dan Mengajar

5.       Melindungi Informasi yang Disebarkan

Sarana dan prasarana pendidikan berupa edubook sekolah yang diperlukan harus segera dilengkapi untuk memenuhi kualitas pendidikan di sekolah.

B.      Analisis Kebutuhan

Berdasarkan usulan kegiatan di atas maka dapat kita tetentukan mengenai analisis kebutuhan dari usulan pengadaan perangkat edubook bagi SMP N 2 Sukaratu adalah:

1.       Meningkatkan Sarana Prasarana

2.       Meningkatkan pelayanan terhadap kebutuhan peserta didik

3.       Membantu kebutuhan Guru dan Peserta didik

4.       Meningkatkan efektivitas proses pelaksanaan pembelajaran

5.       Optimalisasi kualitas dan mutu para peserta didik

 

C.      Anggaran Biaya

Rencana anggaran biaya yang diperlukan dalam Pengadaan Peralatan Edubook Sebagai Sarana Belajar Kolektif Berbasis Table Jenjang SMP seperti terlampir:

No

Nama barang

Jumlah

1.

Komputer AIO PC

1 Unit

2.

Android AIO

32 Unit

3.

Short Throw Projector

1 Unit

4.

Motorize Screen

1 Unit

5.

Document Visualizer

1 Unit

6.

Wall Projector Bracket

1 Unit

7.

Projector Tripod

1 Unit

8.

Wireless Presentation Dongle

1 Unit

9.

Dehumidifier cabinet

2 Unit

10.

Audio Speaker

1 Unit

11.

Wifi Router Access Point

1 Unit

 

Sukaratu,  02 Januari 2020

Kepala Sekolah SMP N 2 Sukaratu,

 

 

 

 

DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.

NIP. 19651225198911 1 001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

P E N U T  U P

 

Demikian proposal ini dibuat dengan harapan agar pengadaan Peralatan Edubook Sebagai Sarana Belajar Kolektif Berbasis Table di lingkungan sekolah dapat mencapai sasaran dan tujuan sebagaimana yang kita harapkan, berupa optimalisasi kegiatan pembelajaran di SMPN 2 Sukaratu.

Semoga Alloh SWT memberikan hidayah dan meridhoi niat dan amal kita semua. Amiin.

 

 

Sukaratu,  02 Januari 2020

Kepala Sekolah SMP N 2 Sukaratu,

 

 

 

 

 

 

DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.

NIP. 19651225198911 1 001


0 comments: