PROPOSAL PENGADAAN PERALATAN EDUBOOK SEBAGAI SARANA BELAJAR KOLEKTIF BERBASIS TABLE JENJANG SMP
OLEH:DADANG HUDAN DARDIRI,S.Pd.,M.Pd.
PROPOSAL
PENGADAAN PERALATAN
EDUBOOK SEBAGAI SARANA BELAJAR KOLEKTIF BERBASIS TABLE JENJANG SMP
SMP NEGERI 2 SUKARATU
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 2
SUKARATU
JalanSukamanah,
Desa Gunungsari, Kec. Sukaratu, Kab. Tasikmalaya
E-mail :smpn2sukaratu@gmail.com
2020
LEMBAR
PENGESAHAN
Proposal Pengadaan
Peralatan Edubook Sebagai Sarana Belajar Kolektif Berbasis Table Jenjang SMP, kami susun
bersama komite sekolah dan tenaga pengajar serta disahkan dan disetujui oleh
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya.
Mengesahkan/ Menyetujui
Mengetahui Komite
Sekolah Drs.TASDIK
WINAYA, M.M. |
Tasikmalaya,
02Januari 2020 Kepala
SMP Negeri 2 Sukaratu DENDIN
WARDIANA,S.Pd.,M.Pd. NIP.
19651225198911 1 001 |
Mengesahkan,
Kepala Dinas
Pendidikan
Kabupaten
Tasikmalaya
DADAN
WARDANA, S.IP., M.M.
Pembina Utama, IV/C
NIP. 19690405
199603 1 002
PEMERINTAH
KABUPATEN TASIKMALAYA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDYAAN
SMP NEGERI 2
SUKARATU
Jalan Sukamanah
Gunungsari kec. Sukaratu
Tlp.(0265)7060033 Kab. Tasikmalaya 46152
E-mail : smpn2sukaratu@gmail.com. TASIKMALAYA
Nomor : 028/ 452a /SMPN2Skrt/I/2020 02 Januari 2020
Lampiran : 1 (Satu) berkas
Perihal : Proposal Pengadaan Peralatan Edubook
Sebagai Sarana Belajar Kolektif
Berbasis Table
Jenjang SMP
|
Dengan
hormat,
Bersama
dengan proposal ini, kami Kepala SMP Negeri 2 Sukaratu Kabupaten
Tasikmalaya bersama Komite Sekolah dan Staf Pengajar mengajukan Permohonan Pengadaan Peralatan Edubook sebagai
sarana belajar kolektif pada SMP N 2 Sukaratu Tahun Anggaran 2020. Kebutuhan akan peralatan Edubook yang dirasakan amat mendesak, yang
bepengaruh langsung terhadap keberlasungan dan efektivitas kegiatan belajar.
Program di
atas mempunyai peranan penting dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan
nasional, oleh karena hal itu mohon kiranya proposal kami dapat diterima dan
menjadi bahan pertimbangan untuk tahun anggaran 2020.
Demikian
permohonan ini Kami sampaikan dengan sesungguhnya.
Atas waktu
dan perhatiannya diucapkan terima kasih.
Kepala Sekolah, DENDIN WARDIANA,S.Pd.,M.Pd. NIP. 19651225198911 1 001 |
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah segala puji bagi
Allah, hanya dengan hidayah, inayahNya, dan taufikNya, Proposal Pengadaan Peralatan Edubook Sebagai Sarana Belajar
Kolektif Berbasis Table Jenjang SMP dapat terselesaikan.
Dalam rangka
mewujudkan tujuan pendidikan secara maksimal diperlukan proses pembelajaran
yang kondusif dengan melibatkan semua komponen pembelajaran secara optimal.
Salah satu komponen penting sarana dan parasarana pembelajaran yang sesuai
dengan tuntutan perkembangan teknologi diantaranya yaitu pengadaan peralatan
edubook.
SMP Negeri 2 Sukaratu sebagai salah satu
sekolah di Kabupaten Tasikmalaya juga merasakan betapa pentingnya
keberadaan peralatan edubook sebagai salah satu unsur pendukung keberhasilan
proses pembelajaran.
Proposal ini kami ajukan untuk melengkapi permohonan
bantuan Pengadaan
perlatan edubook Sebagai Sarana Belajar Kolektif Berbasis Table pada SMPN 2 Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya.
Kepala Sekolah, DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd. NIP.
19651225198911 1 001 |
DAFTAR ISI
LEMBAR
PENGESAHAN SURAT
PENGANTAR KATA
PENGANTAR…………………………………………………………….... DAFTAR ISI …………………………………………………………………….... |
i ii |
||
BAB I |
PENDAHULUAN |
1 |
|
|
A. |
Latar
Belakang………………………………………………….... |
1 |
|
B. |
Dasar
Hukum…………………………………………………..… |
2 |
|
C. |
Tujuan dan
Manfaat…………………………………………….... |
3 |
|
D. |
Sasaran………………………………………………………..….. |
4 |
BAB II |
PENGORGANISASIAN |
5 |
|
|
A. |
Visi dan
Misi SMP N 2 Sukaratu……………………………...…. |
5 |
|
B. |
Susunan
Pengelola atau Pengurus Barang...................................... |
8 |
BAB III |
USULAN, ANALISIS DAN RENCANA ANGGARAN |
9 |
|
|
A. |
Usulan
Kegiatan…………………………………………….......... |
9 |
|
B. |
Analisis
Kebutuhan………………………………………..……... |
9 |
|
C. |
Rencana
Anggaran Biaya……………..……………………..…… |
10 |
BAB IV |
PENUTUP |
11 |
|
LAMPIRAN |
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pengertian E-book adalah suatu buku yang
bentuknya digital atau elektronik dimana biasanya berisi informasi atau
panduan/ tutorial. Buku elektronik ini hanya bisa dibuka dan dibaca melalui
perangkat elektronik seperti komputer, tablet, dan smartphone.
Tak berbeda jauh dengan buku cetak pada
umumnya, e-book (electronic book) atau
buku elektronik juga berisi tulisan-tulisan dan gambar dengan berbagai tema,
misalnya seperti e-book teknologi, e-book ilmu pengetahuan, e-book motivasi,
e-book tutorial, dan masih banyak tema lainnya.
Di jaman yang serba digital ini, tentu saja
e-book lebih banyak digunakan daripada buku cetak. Mengacu pada
pengertian ebook diatas sebagai buku yang berbentuk digital maka dari segi
penggunaan dan penyimpanannya akan lebih praktis, sehingga banyak orang yang
lebih memilih membeli ebook daripada buku cetak.
Fungsi e-book secara umum adalah sebagai media
untuk membaca informasi secara digital melalui perangkat khusus. Umumnya
pengguna e-book adalah mereka yang sudah melek teknologi dan terbiasa membeli
e-book untuk media belajar. Berikut ini fungsi ebook bagi penggunanya dan
juga bagi penyedianya:
1. Sebagai Sarana untuk
Belajar
2. Sebagai Media
Informasi
Seperti yang sempat disinggung pada pengertian
e-book di atas, tujuan dibuatnya e-book adalah untuk memudahkan proses
penyebaran informasi dan pembelajaran kepada penggunanya. Adapaun beberapa
tujuan e-book adalah sebagai berikut:
1.
Memudahkan Pembuatan Buku
2.
Menghemat Biaya Pembuatan Buku
3.
Memudahkan Proses Penyebaran Informasi
4.
Memudahkan Proses Belajar dan Mengajar
5.
Melindungi Informasi yang Disebarkan
Dalam pelaksanaan program memfasilitasi
kreativitas peserta didik di SMPN 2 Sukaratu sangat memerlukan peralatan
edubook tersebut. Bertolak dari pemikiran di atas maka pengadaan perangkat edubook
Sebagai Sarana Belajar Kolektif Berbasis Table di SMP Negeri 2 Sukaratu, Kecamatan
Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya adalah hal yang sangat penting dan mendesak
untuk diwujudkan.
B.
Dasar Hukum
a.
Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 yaitu
memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa;
b.
Undang-Undang No. 20 tahun 2003, tentang
Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor
78 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);
c.
Undang-Undang No. 19 tahun 2005, tentang
Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor
41 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496);
d.
Perpres Nomor 141 Tahun 2018 tentang
Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019;
e.
Permendikbud Nomor 1 Tahun 2019
tentang Petunjuk Operasional DAK Fisik Bidang Pendidikan;
f.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
24 tahun 2007, tentang Standar Sarana Prasarana; dan
g.
Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 79 Tahun
2019 Tentang Penjabaran Anggaran
Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat
C.
Tujuan dan Manfaat
1.
Tujuan
Tujuan
dari proposal pengajuan permohonan bantuan ini adalah sebagai berikut:
a.
Terjaminnya
efektivitas proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah.
b.
Tercapainya mutu
dan kualitas para peserta didik.
c.
Terwujudnya pemenuhan
program sarana dan prasarana keagamaan sekolah berdasarkan standar nasional pendidikan; dan
d.
Optimalisasi bentuk
pelayanan publik.
2.
Manfaat
Proposal pengajuan permohonan bantuan ini bagi sekolah bermanfaat:
a. Optimalisasi proses pelaksanaan pembelajaran.
b. Peningkatan mutu para peserta didik.
D.
Sasaran
Sasaran dari pengajuan proposal
ini adalah terlaksananya pemenuhan program
optimalisasi proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah yang termasuk ke dalam standar sarana dan prasarana pendidikan
SMP Negeri 2 Sukaratu, Kecamatan
Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.
BAB II
PENGORGANISASIAN
A. Visi dan Misi SMP Negeri 2 Sukaratu
1.
Visi
Visi adalah gambaran ideal untuk
masa depan yang diinginkan oleh sekolah. Visi ini memberikan wawasan
yang menjadi sumber arahan bagi
sekolah dan digunakan
untuk memandu perumusan
misi sekolah. Visi adalah pandangan jauh ke depan ke mana sekolah akan dibawa.
Gambaran masa depan
harus didasarkan pada
landasan yuridis, yaitu undang-undang, peraturan
pemerintah, peraturan
menteri dan peraturan
perundangan lainnya sesuai
dengan jenjang dan jenis
sekolahnya.
Visi sekolah harus
tetap dalam kerangka
kebijakan pendidikan
nasional, tetapi sesuai
dengan kebutuhan sekolah
untuk pelayanan masyarakat. Dengan
tujuan pendidikan nasional
yang rumusannya sama, profil
sekolah dan kebutuhan
masyarakat yang dilayani sekolah tidak selalu sama. Oleh
karena itu, sekolah memilikivisi yang tidak
sama dengan sekolah
lain, asalkan tidak
keluar dari koridor tujuan pendidikan nasional.
Visi SMP Negeri 2 Sukaratu adalah :
“ Mewujudkan Sekolah yang Bermartabat
(Berahlak Mulia, Mandiri, Terampil, Berwawasan Lingkungan, Berlandaskan Iman
Dan Takwa)”.
Indikator visi Visi
SMP Negeri 2 Sukaratu adalah sebagai berikut :
a.
Meningkatkan efektifitas pembelajaran;
a.
Mengoptimalkan perolehan hasil belajar peserta
didik;
b.
Meningkatkan kecakapan dan keterampilan;
c.
Mewujudkan perilaku peserta didik yang sesuai
nilai-nilai spiritual; dan
d.
Meningkatkan kepedulian sosial peserta didik.
2.
Misi
Misi SMP Negeri 2 Sukaratu adalah sebagai berikut:
1.
Meningkatkan efektivitas proses pembelajaran;
2.
Meningkatkan pembinaan kompetensi peserta
didik secara optimal;
3.
Mendorong
kemandirian, tanggung jawab, kejujuran,
percaya diri dan semangat untuk berkompetisi para peserta
didik;
4.
Mendorong peserta didik memiliki pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keagamaan serta memililiki
solidaritas dan kepedulian sosial;
5.
Menerapkan sekolah yang berwawasan lingkungan
hidup; dan
6.
Mendorong warga sekolah sebagai pembelajar
sepanjang hayat.
3.
Tujuan Sekolah
Berdasarkan visi dan misi yang telah dijelaskan di atas
maka tujuan SMP Negeri 2 Sukaratu dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.
Sekolah mampu menyusun
kurikulum SMP yang sesuai dengan
kebutuhan peserta didik;
2.
Sekolah mampu melaksanakan pembinaan pada peserta didik
sehingga menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa, berakhlaq mulia, sehat,
terampil, mandiri dan memiliki kepedulian sosial;
3.
Sekolah mampu menghasilkan lulusan yang trampil, mandiri,
berakhlaq;
4.
Sekolah mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan
pendekatan belajar tuntas, pembelajaran mandiri (self learning), dan menerapkan pendidikan inklusif (Inclusive Education);
5.
Sekolah mampu menyusun rencana dan pelakasanaan penilaian
peserta didik secara profesional, educatif, efektif, efisien, informatif,
akuntabel dan informatif sesuai dengan tuntutan kurikulum;
6.
Sekolah mampu memfasilitasi bakat dan minat peserta didik
dalam wadah kegiatan ektrakurikuler;
7.
Sekolah mampu meningkatkan profesionalisme, kompetensi dan
kedisiplinan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan;
8.
Sekolah mampu memenuhi sarana dan prasarana secara minimal
sesuai Standar Pelayanan Minimal;
9.
Sekolah mampu memenuhi
kelengkapan administrasi
perencanaan, pelaksanaan, monitoring
dan evaluasi penyelenggaraan
sekolah;
10. Sekolah mengembangkan Kurikulum
Berbasis Lingkungan:
a. Pengembangan model pembelajaran
lintas mata pelajaran.
b. Penggalian dan pengembangan materi
dan persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat sekitar.
c. Pengembangan metode belajar
berbasis lingkungan dan budaya.
d. Pengembangan kegiatan kurikuler
untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup.
11.
Pengelolaan dan atau Pengembangan Sarana Pendukung Sekolah
yang berwawasan lingkungan:
a. Pengembangan fungsi sarana
pendukung sekolah yang ada untuk pendidikan lingkungan hidup.
b. Peningkatan kualitas pengelolaan
lingkungan di dalam dan di luar kawasan sekolah.
c. Penghematan sumberdaya alam
(listrik, air, dan ATK).
d. Peningkatan kualitas pelayanan
makanan sehat.
e. Pengembangan sistem pengelolaan
sampah.
12.
Sekolah mampu melaksanakan pengelolalaan keuangan secara
akuntable, tansparan dan efisien.
- Susunan
pengelola/ penyimpan
Susunan
pengelola/
penyimpan barang di SMP
Negeri 2 Sukaratu terdiri dari sebagai berikut:
No |
Nama |
Jabatan Panitia |
Jabatan Dinas |
1. |
Deni
Nurdin,
A.Md. |
Pengurus
barang |
Kapala
Tata Usaha |
2. |
Aris
Pratama, S.Kom. |
Pembantu Pengurus barang |
Staf Tata
Usaha |
3. |
Odik,
S.Pd. |
Penyimpan
barang |
Wakasek
Sarana dan prasarana |
4. |
Asep Abdul
Aziz,S.Pd. |
Penyimpan
barang |
Ketua
Penanggungjawab Standar
Sarpras |
BAB III
USULAN, ANALISIS DAN RENCANA ANGGARAN
- Usulan Kegiatan
Salah
satu prasarana yang sangat diperlukan sekolah dalam mencapai peningkatan mutu
pendidikan diantaranya adalah pengadaan sarana peralatan
edubook sekolah.
Seperti yang sempat disinggung sebelumnya,
tujuan dibuatnya e-book adalah untuk memudahkan proses penyebaran informasi dan
pembelajaran kepada penggunanya. Adapaun beberapa tujuan e-book adalah sebagai
berikut:
1. Memudahkan Pembuatan
Buku
2. Menghemat Biaya
Pembuatan Buku
3. Memudahkan Proses
Penyebaran Informasi
4. Memudahkan Proses
Belajar dan Mengajar
5. Melindungi Informasi
yang Disebarkan
Sarana dan prasarana pendidikan berupa edubook sekolah yang diperlukan harus
segera dilengkapi untuk memenuhi kualitas pendidikan di sekolah.
B.
Analisis Kebutuhan
Berdasarkan usulan kegiatan di atas maka dapat kita tetentukan mengenai
analisis kebutuhan dari usulan pengadaan perangkat edubook bagi SMP N 2
Sukaratu adalah:
1.
Meningkatkan Sarana Prasarana
2.
Meningkatkan pelayanan terhadap
kebutuhan peserta didik
3.
Membantu kebutuhan Guru dan
Peserta didik
4.
Meningkatkan efektivitas
proses pelaksanaan pembelajaran
5.
Optimalisasi kualitas dan
mutu para peserta didik
C. Anggaran Biaya
Rencana anggaran biaya yang diperlukan dalam Pengadaan
Peralatan Edubook Sebagai Sarana Belajar Kolektif Berbasis Table Jenjang SMP seperti terlampir:
No |
Nama barang |
Jumlah |
1. |
Komputer AIO PC |
1 Unit |
2. |
Android AIO |
32 Unit |
3. |
Short
Throw Projector |
1 Unit |
4. |
Motorize Screen |
1 Unit |
5. |
Document Visualizer |
1 Unit |
6. |
Wall Projector Bracket |
1 Unit |
7. |
Projector Tripod |
1 Unit |
8. |
Wireless Presentation Dongle |
1 Unit |
9. |
Dehumidifier cabinet |
2 Unit |
10. |
Audio Speaker |
1 Unit |
11. |
Wifi Router Access Point |
1 Unit |
Sukaratu,
02 Januari 2020
Kepala
Sekolah SMP N 2 Sukaratu,
DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.
NIP.
19651225198911 1 001
BAB IV
P E N U T U P
Demikian
proposal ini dibuat dengan harapan agar pengadaan Peralatan
Edubook Sebagai Sarana Belajar Kolektif Berbasis Table di
lingkungan sekolah
dapat mencapai sasaran dan tujuan sebagaimana yang kita harapkan, berupa
optimalisasi kegiatan pembelajaran di SMPN 2 Sukaratu.
Semoga Alloh SWT memberikan hidayah dan meridhoi niat dan
amal kita semua. Amiin.
Sukaratu,
02 Januari 2020
Kepala
Sekolah SMP N 2 Sukaratu,
DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.
NIP.
19651225198911 1 001
0 comments: