PROPOSAL PEMBANGUNAN BENTENG SEKOLAH

 PROPOSAL

OLEH: DADANG HUDAN DARDIRI,S.Pd.,M.Pd.


PEMBANGUNAN BENTENG SEKOLAH

SMP NEGERI 2 SUKARATU


 

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 2 SUKARATU

JalanSukamanah, Desa Gunungsari, Kec. Sukaratu, Kab. Tasikmalaya

E-mail :smpn2sukaratu@gmail.com

2022

 

 

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

Proposal Pembangunan Benteng Sekolah, kami susun bersama komite sekolah dan tenaga pengajar serta disahkan dan disetujui oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya.

 

 

 

 

 

Mengesahkan/ Menyetujui

 

 

 

Mengetahui/ Mengesahkan

Kepala SMP Negeri 2 Sukaratu

 

 

 

DENDIN WARDIANA,S.Pd.,M.Pd.

NIP. 19651225198911 1 001

Tasikmalaya, 04 Januari 2022

Wakasek Sarpras

 

 

 

 

 

Odik,S.Pd.

NIP. 19640205 198903 1 014

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Alhamdulillah segala puji bagi Allah, hanya dengan hidayah, inayahNya, dan taufikNya,  Pengajuan proposal benteng sekolah untuk SMP dapat terselesaikan.

Benteng sekolah adalah salah satu penunjang yang berfungsi untuk membatasi wilayah dan lingkungan sekolah secara tegas guna menjamin keamanan, kenyamanan sehingga tercipta suasana yang kondusif. Disamping itu pembangunan benteng sekolah dapat meningkatkan kedisplinan di dalam menjalankan tata-tertib sekolah. Dengan demikian keberadaan banteng sekolah tersebut sangat diperlukan untuk mewujudkan kegiatan pendidikan di sekolah.

Berdasarkan analisis kebutuhan yang telah dilakukan, diketahui bahwa prasarana benteng sekolah yang diperlukan untuk menunjang proses pelaksanaan pendidikan pada satuan pendidikan SMP Negeri 2 Sukaratu belum memadai. Belum memadainya penyediaan prasarana benteng sekolah tersebut tentunya akan berpengaruh langsung terhadap optimalisasi proses pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian suatu hal yang mendesak segera disediakan prasarana benteng sekolah, sehingga dapat terlaksananya pelaksanaan pendidikan sebagaimana mestinya.

Proposal ini kami ajukan untuk melengkapi permohonan pengadaan prasarana banteng sekolah pada  SMPN 2 Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Sekolah,

 

 

DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.

NIP. 19651225198911 1 001

 

 

DAFTAR ISI

 

 

HALAMAN JUDUL

LEMBAR PENGESAHAN

KATA PENGANTAR……………………………………………………………....

DAFTAR ISI            ……………………………………………………………………....

i

ii

iii

iv

BAB I

PENDAHULUAN

1

 

A.

Latar Belakang…………………………………………………....

1

 

B.

Dasar Hukum…………………………………………………..…

3

 

C.

Maksud dan Tujuan……………………………………………….

3

 

D.

Manfaat…………….……………………………………………..

4

BAB II

VISI MISI DAN PROFIL SEKOLAH

6

 

A.

Visi…………………………………………………………………

6

 

B.

Misi………………………………………………………………..

7

 

C.

Tujuan Sekolah…………………………………………………….

7

 

D.

Dat Sekolah/ Profil Sekolah………………………………………

9

BAB III

USULAN KEGIATAN DAN RENCANA ANGGARAN

12

 

A.

Usulan Kegiatan…………………………………………………...

11

 

B.

Rencana Anggaran………………………………………………..

13

BAB IV

PENUTUP

15

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



BAB I

PENDAHULUAN

 

 

A.      Latar Belakang

Pendidikan memiliki peranan yang sangat strategis di dalam membentuk peradaban bangsa yang cerdas. Dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan secara maksimal maka diperlukan proses pembelajaran yang kondusif dengan melibatkan semua komponen pembelajaran secara optimal. Salah satu komponen penting yang menjadikan proses pembelajaran menjadi lancar dan kondusif adalah tersedianya sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai.

Sarana dan prasarana menjadi faktor penunjang dalam menjalankan berbagai aktivitas. Sarana dan prasarana membantu proses kegiatan berjalan lancar, teratur, efektif, serta efisien. Sarana dan prasarana pendidikan sekolah bertujuan untuk menunjang kegiatan dan aktivitas yang dilaksanakan disekolah. Keberadaan sarana dan prasarana membawa dampak yang lebih luas seperti, rasa aman, rasa memiliki, ketenangan dan hal-hal positif lainnya.

Benteng sekolah adalah salah satu penunjang yang berfungsi untuk membatasi wilayah dan lingkungan sekolah secara tegas guna menjamin keamanan, kenyamanan sehingga tercipta suasana yang kondusif. Disamping itu pembangunan benteng sekolah dapat meningkatkan kedisplinan di dalam menjalankan tata-tertib sekolah. Dengan demikian keberadaan banteng sekolah tersebut sangat diperlukan untuk mewujudkan kegiatan pendidikan di sekolah.

SMP Negeri 2 Sukaratu merasakan betapa pentingnya keberadaan benteng sekolah tersebut. Maka berdasarkan urgensi keberadaan banteng sekolah pengadaan banteng sekolah harus segera diwujudkan. Pada kenyataannya pihak sekolah memiliki keterbatasan dalam hal pengadaan anggaran biaya yang diperlukan untuk pembangunan banteng sekolah. Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang ada tidak memungkinkan untuk digunakan dalam pembangunan benteng sekolah. Sebagai upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam pengelolaan pendidikan mengajak peran serta dari pihak komite sekolah untuk mewujudkan pengadaan banteng sekolah. Hal sebagaimana tertuang pada Undang-Undang  No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pada bagian penjelasan pasal 51 ayat 1, “manajemen berbasis sekolah atau madrasah adalah bentuk otonomi manajemen pendidikan pada satuan pendidikan, yang dalam hal ini kepala sekolah atau madrasah dan guru dibantu oleh komite sekolah atau madrasah dalam mengelola kegiatan pendidikan”.

Bertolak dari pemikiran tersebut maka SMP Negeri 2 Sukaratu, Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya mengajukan permohonan bantuan pembagunan benteng sekolah.

B.      Dasar Hukum

1.     Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa;

2.     Undang-Undang  No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pada bagian penjelasan pasal 51 ayat 1;

3.     Undang-Undang No. 20 tahun 2004, tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 78 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);

4.     Undang-Undang No. 19 tahun 2005, tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496);

5.     PP 4 tahun 2022 tentang Perubahan PP 57 tahun 2021 tentang SNP

6.     Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2007, tentang Standar Sarana Prasarana;

7.     Program Kerja SMP Negeri 2 Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya.

C.      Maksud dan Tujuan

a.        Maksud

Maksud penyusunan proposal permohonan bantuan ini adalah mengingat ketersediaan prasarana benteng sekolah yang ada di SMP Negeri 2 Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya belum memadai demi tercapainya proses pelaksanaan pendidikan secara lebih optimal, maka dipandang perlu membuat suatu upaya untuk memenuhi kebutuhan akan benteng sekolah sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan.

b.       Tujuan

Adapun tujuan penyusunan proposal ini adalah:

a)       Sebagai kendali kegiatan pembangunan dan pengembangan sekolah, agar dapat dilaksanakan dengan teratur, terarah dan terpadu berdasarkan skala prioritas;

b)      Sebagai gambaran kepada pihak yang berkepentingan (Instansi terkait secara meubeleir ruang kelasa) dan para donatur atau simpatisan terhadap perkembangan tuntutan kualitas pendidikan dibandingkan dengan kondisi yang ada, dan pengembangan sarana prasarana belajar pada SMP Negeri 2 Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya;

c)       Menggali dan mengembangkan serta memberdayakan sumber daya yang tersedia secara optimal;

d)      Menyediakan prasarana benteng sekolah sehingga program kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana secara lebih optimal.

 

D.      Manfaat

Adapun manfaat pengadaan prasarana benteng sekolah pada SMP Negeri 2 Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya adalah:

a.     Manfaat bagi sekolah

1.       Membatasi wilayah dan lingkungan sekolah secara tegas guna menjamin keamanan, kenyamanan sehingga tercipta suasana yang kondusif;

2.       meningkatkan kedisplinan di dalam menjalankan tata-tertib sekolah;

3.       Dapat meningkatkan kelancaran pelaksanaan program kegiatan belajar mengajar yang lebih efektif dan efisien;

4.       Dapat memberikan pelayanan yang optimal terhadap animo masyarakat dalam bidang pendidikan menengah;

5.       Dapat meningkatkan kualitas dan mutu sekolah.

b.       Manfaat bagi masyarakat

1.   Tersedianya sarana pembelajaran yang refresentatif dengan lingkungan yang aman, nyaman, dan mudah terjangkau;

2.   Tersedianya lembaga yang menampung aspirasi masyarakat dalam bidang pendidikan yang memadai;

3.   Meringankan beban masyarakat terhadap kebutuhan sarana pendidikan;

4.   Memperluas kesempatan memperoleh pendidikan yang memadai;

c.      Manfaat bagi pemerintah

·         Membantu melaksanakan program pemerintah dalam bidang pendidikan;

·         Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dalam Bidang Pendidikan;

·         Meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) demi menuntaskan program wajib belajar sembilan tahun serta program rintisan wajib belajar dua belas tahun;

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

VISI MISI DAN PROFIL SEKOLAH

 

 

A.      Visi

Visi adalah  gambaran  ideal untuk  masa depan yang diinginkan oleh sekolah. Visi ini memberikan wawasan yang menjadi sumber arahan bagi  sekolah  dan  digunakan  untuk  memandu  perumusan  misi sekolah. Visi adalah pandangan jauh ke depan ke mana sekolah  akan dibawa.  Gambaran  masa  depan  harus  didasarkan  pada  landasan yuridis,  yaitu  undang-undang,  peraturan  pemerintah,  peraturan menteri  dan  peraturan  perundangan  lainnya  sesuai  dengan  jenjang dan jenis sekolahnya.

Visi  sekolah  harus  tetap  dalam  kerangka  kebijakan  pendidikan nasional,  tetapi  sesuai  dengan  kebutuhan  sekolah  untuk  pelayanan masyarakat.  Dengan  tujuan  pendidikan  nasional  yang  rumusannya sama,  profil  sekolah  dan  kebutuhan  masyarakat  yang  dilayani sekolah tidak selalu sama. Oleh karena itu, sekolah memiliki visi yang tidak  sama  dengan  sekolah  lain,  asalkan  tidak  keluar  dari  koridor tujuan pendidikan nasional.

Visi SMP Negeri 2 Sukaratu adalah : “Mewujudkan Peserta Didik yang Berahlak Mulia, Mandiri, Terampil, Berlandaskan Iman dan Takwa”.

Indikator visi SMP Negeri 2 Sukaratu adalah sebagai berikut :

1.       Meningkatkan efektifitas pembelajaran;

2.       Mengoptimalkan perolehan hasil belajar peserta didik;

3.       Meningkatkan kecakapan dan keterampilan;

4.       Mewujudkan perilaku peserta didik yang sesuai nilai-nilai spiritual dan memiliki kepedulian sosial

5.       Meningoptimalkan warga sekolah sebagai pembelajar sepanjang hayat.

B.      Misi Sekolah

Misi  adalah  tindakan  atau  upaya  untuk  mewujudkan  visi.   Jadi misi  merupakan  penjabaran  visi  dalam  bentuk  rumusan tugas, kewajiban, dan rancangan tindakan yang dijadikan arahan untuk mewujudkan  visi.

Misi SMP Negeri 2 Sukaratu adalah sebagai berikut:

1.       Meningkatkan efektivitas proses pembelajaran;

2.       Meningkatkan pembinaan kompetensi peserta didik  secara optimal;

3.       Mendorong  kemandirian, tanggung  jawab,  kejujuran,  percaya  diri  dan semangat untuk berkompetisi para peserta didik;

4.       Mendorong peserta didik memiliki  pemahaman dan pengamalan  nilai-nilai keagamaan serta memililiki solidaritas dan kepedulian sosial; dan

6.       Mendorong warga sekolah sebagai pembelajar sepanjang hayat.

C.      Tujuan Sekolah

Bertolak  dari  visi  dan  misi,  selanjutnya  sekolah  merumuskan tujuan  sekolah.  Jika  visi  dan  misi  terkait  dengan  jangka  waktu yang  panjang,  maka  tujuan  dirumuskan  untuk  jangka  waktu menengah.  Dengan  demikian  tujuan  pada  dasarnya  merupakan tahapan atau langkah untuk mewujudkan visi sekolah  yang telah dicanangkan.  Tujuan  mengarahkan  perumusan  sasaran, kebijaksanaan,  program  dalam  rangka  merealisasikan  misi. Pencapaian  tujuan  dapat  dijadikan  indikator  untuk  menilai kinerja sebuah organisasi.

Berdasarkan visi dan misi yang telah dijelaskan di atas maka tujuan SMP Negeri 2 Sukaratu dapat dijelaskan sebagai berikut:

1.   Sekolah mampu menyusun  kurikulum  SMP yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik;

2.   Sekolah mampu melaksanakan pembinaan pada peserta didik sehingga menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa, berakhlaq mulia, sehat, terampil, mandiri dan memiliki kepedulian sosial;

3.   Sekolah mampu menghasilkan lulusan yang trampil, mandiri, berakhlak;

4.   Sekolah mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan pendekatan belajar tuntas, pembelajaran mandiri (self learning), dan menerapkan pendidikan inklusif (Inclusive Education);

5.   Sekolah mampu menyusun rencana dan pelakasanaan penilaian peserta didik secara profesional, educatif, efektif, efisien, informatif, akuntabel dan informatif sesuai dengan tuntutan kurikulum;

6.   Sekolah mampu memfasilitasi bakat dan minat peserta didik dalam wadah kegiatan ektrakurikuler;

7.   Sekolah mampu meningkatkan profesionalisme, kompetensi dan kedisiplinan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan;

8.   Sekolah mampu memenuhi sarana dan prasarana secara minimal sesuai Standar Pelayanan Minimal;

9.   Sekolah  mampu  memenuhi  kelengkapan  administrasi perencanaan,  pelaksanaan,  monitoring  dan  evaluasi penyelenggaraan sekolah;

10.  Sekolah mampu melaksanakan pengelolalaan keuangan secara akuntable, tansparan dan efisien.

 

D.  Data  Sekolah / Profil Sekolah

1.

2.

3.

 

4.

5.

 

6.

7.

 

8

 

 

9.

10.

 

 

Nama Sekolah 

NSS/NPSN

Alamat (Jalan/Kec./Kab/Kota

 

Koordinat

Nama Kepala Sekolah : 

No. Telp/HP

 Kategori Sekolah *)

Tahun Beroperasi

Akreditasi

Kepemilikan Tanah/Bangunan :

a. Luas Tanah / Status 

b. Luas Bangunan.

NO. Rekening Rutin Sekolah 

 Pemegang Rekening

Nama Bank   

Cabang

:

:

:

 

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

:

SMP NEGERI 2 SUKARATU

20.1.02.12.31.099 / 20210815

Sukamanah Desa. Gunungsari Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya No. Telp. :  (0265) 3160157 Fax

Longitude 7.6835 Latitude 108.2518 5

DENDIN WARDIANA, S.Pd.,M.Pd.

081320544992

RSBI / SSN / Rintisan SSN/Potensial

2002 Tahun

Tahu 2018

Milik Pemerintah / Yayasan / Pribadi / Menyewa / Menumpang  *)

7.411 m2 / SHM/HGB/Hak Pakai/Akte Jual-Beli/Hibah *)

1.806 m2

0077342443102

SMPN 2 SUKARATU

BJB

Tasikmalaya

 

12.Data siswa dalam 3 Tahun Terakhir

 

Tahun

Jml Pendaftar

(calon siswa)

Kelas VII

Kelas VII

Kelas VII

Jml (Kelas VII+VIII+IX)

Jml

Sisawa

Jml Rombel

Jml.

Siswa

Jml Rombel

Jml.

Siswa

Jml

 Rombel

siswa

Rombel

L

P

L

P

L

P

L

P

2019/2020

173

85

87

6

91

86

6

109

110

7

285

283

19

2020/2021

165

81

66

5

91

86

6

109

110

6

281

262

18

2021/2022

139

65

65

5

80

67

5

86

84

6

230

216

16

 

13. Data Kondisi ruang

 

 

 

Jml.

ruang

 

Ruang yang dimiliki

Jml

ruang

Jumlah Kondisi Ruang

Verifikasi DPUTRPP

Update

Dapodik

Bln./tahun

 

 

baik

Rusak

ringan

Rusak

sedang

Rusak

berat

usulan

Hasil

verifikasi

 

1

Ruang kelas

Yang ada

19

1

Ruang Kelas

19

6

-

7

6

v

 

2009/2022

2.

Ruang lain

Yang digunakan untuk ruang kelas

Yaitu ruang:

 

2

R. Perpustakaan

1

1

 

 

 

 

 

2009/2022

3

R.Lab.IPA Fisika

1

1

 

 

 

 

 

2009/2022

4

R.Lab.IPA Biologi

1

 

1

 

 

 

 

2009/2022

5

R.Lab.Bahasa

1

 

1

 

 

 

 

2009/2022

6

R.Lab.Komputer

-

 

 

 

 

 

 

2009/2022

7

R.Mulitimedia

-

 

 

 

 

 

 

2009/2022

8

R.Keterampilan

-

 

 

 

 

 

 

2009/2022

9

R.Serbaguna/ aula

-

 

 

 

 

 

 

2009/2022

10

R.Kepala Sekolah

1

1

 

 

 

 

 

2009/2022

11

R.Guru

1

1

 

 

 

 

 

2009/2022

12

R.Tata Usaha

1

 

 

1

 

 

 

2009/2022

Jumlah

 

13

R.Toilet/Jamban Guru

2

 

 

2

 

 

 

2009/2022

14

R.Jamban Siswa

4

2

 

2

 

 

 

2009/2022

15

R.Kepala Sekolah

1

 

1

 

 

 

 

2009/2022

16

R.UKS

1

 

1

 

 

 

 

2009/2022

 

 

14.Data dan Kondisi Peralatan Pendidikan

No

Nama Peralatan

Sumber Bantuan

Tahun Perolehan

Kondisi Peralatan

1

Peralatan Laboartorium IPA

Provinsi

2013

Baik

2

Peralatan Olah Raga

DAK

2015

Baik

3

Peralatan Matemameubeleir ruang kelasa

Provinsi

2013

Baik

4

Peralatan IPS

Provinsi

2014

Baik

5

Peralatan Laboratorium Bahasa

Provinsi

2013

Baik

6

Peralatan Kesenian

DAK

2015

Baik

7

Peralatan MEUBELEIR RUANG KELAS

Provinsi

2011

Rusak Ringan

8

Peralatan Cinema Eduainment

Provinsi

2013

Baik

9

Peralatan Terintegrasi Cinema Edutainment

Provinsi

2014

Baik

10

Peralatan Pemindai Hasil Ujian/Scanner

Provinsi

2014

Baik

11

Sarana Beajar/Meubelair

Provinsi

2016

Baik

12

Peralatan Informasi Digital/Mading Elektronik

Provinsi

2016

Baik

13

Pengadaan Peralatan Sistem Informasi Digital SMP

Banprov

2020

Baik

14

Peralatan IPA Berbasis IT

DAU

2016

Baik

15

Peralatan IPA Fisika Berbasis Sensor Terpadu

Provinsi

2017

Baik

16

Peralatan Perakitan Elektro Fisika

Provinsi

2017

Baik

17

Peralatan Penunjang Sekolah Sehat

DAK

2018

Baik

18

Peralatan Penunjang Pembelajaran PAI (ISABAK)

DAK

2018

Baik

19

Pengadaan Sarana Belajar (Meubelair Internasional) SMP

Banprov

2020

Baik

20

Pengadaan Papan Tulis Interaktif Untuk Sekolah

Menengah

Banprov

2020

Baik

21

Pengadaan Peralatan Edubook Sebagai Sarana Belajar

Kolektif Berbasis Tablet Jenjang SMP

Banprov

2020

Baik

22

Pengadaan Peralatan Edubook Sebagai Sarana Belajar

Kolektif Berbasis Tablet Jenjang SMP

Banprov

2020

Baik

23

Pengadaan Peralatan Sarana Olahraga (PJOK)

Banprov

2020

Baik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

USULAN KEGIATAN DAN RENCANA ANGGARAN

 

A.              UsulanKegiatan

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2004 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), SMP Negeri 2 Sukaratu dalam menyikapi dan mempersiapkan diri baik dari penyiapan dan pemenuhan standar pendidikan yang telah ditetapkan, meliputi:

1.   Pemenuhan Standar Isi dan KSL

2.   Pemenuhan Standar Proses

3.   Pemenuhan Standar Kompetensi Kelulusan

4.   Pemenuhan Standar Pendidik danTenaga Kependidikan

5.   Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan

6.   Pemenuhan Standar Pengelolaan

7.   Pemenuhan Standar Pembiayaan

8.   Pemenuhan Standar Penilaian.

   Secara Riil dalam pemenuhan 8 (Delapan) standar tersebut di atas, SMP Negeri 2 Sukaratu untuk memenuhi standarisasi yang ditetapkan pemerintah tidak terlepas dari target dan sasaran yang dilaksanakan secara bertahap dan stimulant sesuai dengan skala prioritas di mulai dari yang paling penting sampai yang mudah disiapkan.

Langkah-langkah yang ditempuh dalam menuju sasaran, target yang pertama adalah meningkatkan mutu pendidikan, melalui peningkatan perolehan Nilai Ujian Nasional, kualitas Guru dan yang tak kalah pentingnya adalah pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang proses belajar mengajar.

Dalam merealisasikan Program Pendidikan SMP Negeri 2 Sukaratu   untuk memenuhi standar pendidikan tidak terlepas dari partisipasi pihak lain yang terkait dan peduli, maka bersama ini kami mengajukan Usulan Bantuan Dana pengadaan prasarana sekolah berupa banteng sekolah dalam menunjang proses pelaksanaan pendidikan di sekolah.

B.              Rencana Anggaran

Rencana anggaran biaya yang diperlukan dalam pembangunan prasarana berupa benteng sekolah SMP Negeri 2 Sukaratu tercantum dalam lampiran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

 

Pengajuan bantuan dana sosial berupa pengadaan prasarana berupa benteng sekolah ini kami berharap pelayanan pendidikan khususnya kepada peserta didik akan lebih berkualitas dan bernilai manfaat tinggi. Merupakan suatu peluang bagi SMP Negeri 2 Sukaratu untuk konsisten dalam optimalisasi dan eksistensi di masyarakat sekitar sekolah.

Mutu pendidikan akan lebih meningkat dan kami yakin kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan akan semakin tinggi sehingga visi, misi dan tujuan sekolah akan cepat tercapai. Semua itu merupakan hasil kerja sama semua pihak dalam mensukseskan tujuan pendidikan nasional.

 

Tasikmalaya, 04 Januari 2022

Kepala Sekolah,

 

 

 

DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.

NIP. 19651225198911 1 001

                                                                                   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 





0 comments: