LAPORAN STUDY TOUR/ KARYA WISATA
LAPORAN STUDY TOUR
SMP NEGERI 2 SUKARATU
TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan Kegiatan Study Tour SMP N 2 Sukaratu Tahun Pelajaran 2018/
2019, disusun oleh panitia kegiatan serta disahkan dan disetujui oleh
Kepala SMP N 2 Sukaratu.
Mengesahkan/
Menyetujui
Mengetahui
Komite Sekolah
Drs.TASDIK WINAYA, M.M.
|
Tasikmalaya, 22 Oktober 2018
Sekertaris
Teni
Sukmawati,S.Pd.
NIP 19720614 200604
2 015
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengesahkan,
Kepala SMP Negeri 2 Sukaratu
DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.
NIP 19651225198911 1 001
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah segala puji bagi Allah, hanya dengan hidayah,
inayahNya, dan taufikNya, Laporan
Kegiatan Study Tour SMP Negeri 2 Sukaratu Tahun Pelajaran 2018/ 2019 dapat
terselesaikan.
Dalam penyelenggaraan kegiatan ini
banyak pihak yang terlibat, untuk itu atas kerelaan dan peran sertanya kami
sebagai panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada:
1.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten
Tasikmalaya;
2.
Kepala SMP Negeri 2 Sukaratu;
3.
Jajaran Komite SMP Negeri 2 Sukaratu;
4.
Para Orang Tua Peserta didik;
6.
Para Wali Kelas; dan
Tujuan laporan ini kami susun
untuk melengkapi dan memenuhi kelengkapan salah satu program sekolah. Mungkin
dalam penyusunan laporan ini ditemui berbagai kekurangan, untuk itu resonansi
dan saran yang bersifat konstruktuf sangat kami tunggu.
Akhir kata semoga laporan ini
bermanfaat sebagaimana yang kita harapkan, dan semoga Allah SWT selalu meridhoi
segala upaya kita.
Tasikmalaya, 22 Oktober 2018
Panitia
Kegiatan
DAFTAR ISI
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Study
tour
merupakan kegiatan di luar kelas yang bertujuan untuk mempelajari proses yang
sebenarnya langsung di lapangan. Tour diadakan karena kebutuhan siswa untuk
mendapatkan pengalaman secara langsung. Hal tersebut diadakan karena tidak
mungkin menghadirkan setiap peristiwa ke dalam kelas untuk dipelajari dan
diamati.
Kegiatan study
yang merupakan salah satu program SMP Negeri 2 Sukaratu memiliki beberapa
manfaat bagi para peserta didik, manfaat tersebut diantaranya adalah:
a.
Menyediakan
sumber yang dapat memperkaya informasif actual yang tercantum dalam buku, dan
membuat teks dalam buku menjadi berarti.
Terkadang hanya
dengan membaca buku saja siswa akan merasa jenuh dan tidak dapat meresapi
secara uruh penjelasan dalam buku.Study tour memberikan solusi masalah ini,
karena siswa dapat secaralangsung terjun ke lapangan melihat atau mengamati
objek pembelajaran. Hal itu menjadikan isi dalam buku menjadi lebihmenarik
untuk dipelajari.
b.
Mengembangkan
sikap ingin tahu peserta, dan memperluas pengertian
Study
tour adalah program pembelajaran siswa langsung ke lapangan,dengan melihat dan
mengamati secara otomatis akan timbul perasaaningin tahu siswa dan keinginan
siswa untuk lebih banyak bertanyakarena tidak mampu menjelaskan fenomena yang
ia amati secaralangsung di lapangan.Dengan mendapatkan penjelasan secara
langsung dari pakar, siswaakan lebih banyak tahu tentang objek pembelajaran
dibandingkan hanya sekedar membaca buku.
c.
Menyediakan
pengalaman melalui objek, tempat, situasi, dan hubungan antar manusia yang tidak
dapat disediakan di kelas
Tidak semua
peristiwa dan objek pembelajaran dapat dihadirkan dalam kelas, oleh karena iyu
study tour dapat memecahkan masalah ini melalui penelitian langsung kelapangan.
d.
Mempertajam
kesadaran siswa terhadap lingkungan.
Dengan melakukan
pengamatan langsung ke lingkungan objekpembelajaran siswa akan lebih mengenal
cirri-ciri dan karakteristiklingkungan yang khas sesuai dengan objek yang
diteliti.
e.
Mengenalkan
siswa tentang kemungkinan bidang kerja atau karir yang bisa mereka masuki
sesuai dengan cita-cita mereka.
Study tour dapat
menumbuhkan rasa tertarik siswa terhadap objek yang diamati, mungkin saja
setelah kegiatan selesai siswa akan lebihbanyak mencari tahu untuk memuaskan
rasa ketertarikannyaterhadap objek yang diamati. Hal itu menyebabkan siswa
ingin bekerja sesuai dengan bidang yang siswa minati ketika mengamati objek.
f.
Memadukan
kelas dengan komunitas terbaru dan lingkunganyang lebih besar dan lebih
berarti.
Dengan terjun langsung
ke lapangan siswa akan menyatu dengankomunita baru di luar kelas sehingga akan
ada hal-hal baru yang menarik dan unik.
g.
Mempererat
keakraban dengan teman satu kelas dan melatih kerjasama antar siswa dalam suatu
kelompok.
Ketika study
tour berlangsung siswa akan menemui hal-hal baru yang baginya menarik, hal-hal
baru ini akan ia share dengan teman-temansehingga akan menambah
keakraban.Melalui kegiatan study tour siswa dituntut untuk dapat membuatlaporan
yang baik dengan cara berkelompok, laporan yang baik tidakmungkin terwujud
apabila tidak ada kerjasama yang baik antar siswadalam suatu kelompok.
h.
Memberikan
suasana relaksasi di tengah rutinitas yang terkadang menjemukan.
Kepadatan
situasi pembelajaran dalam kelas dan mungkin juga rasabosan terhadap lingkungan
yang dari hari kehari hanya itu-itu saja membuat siswa menjadi jenuh. Dengan
diadakannya study tour akan memberikan relaksasi dan penyegaran di tengah
kepadatan pembelajaran dalam kelas yang monoton.
B.
Dasar
Hukum
1. Undang-undang
Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 pasal 19 tentang Proses Pembelajaran pada Satuan
Pendidikan diselenggarakan secara interaktif, insfiratif dan menyenangkan;
3. Peraturan
Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan;
4. Peraturan
Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan
Pendidikan;
5. Permendiknas
Nomor 39 Tahun 2009 Tentang pembinaan kesiswaan;
6. Permendikbud
Nomor 22 Tahun 2016 tentang Stndar Proses;
7. Hasil
Keputusan Rapat dengan Orang Tua Siswa Tanggal 28 Juli 2018; dan
8. SK
Kepala Sekolah Nomor: 421.71/ 2341a/ SMPN2SKRT? 2018? Tentang Susunan Panitia Study Tour Tahun Pelajaran 2018/ 2019.
C.
Tujuan
Tujuan dari
penyelenggaraan kegiatan study tour
yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sukaratu Tahun Pelajaran 2018/ 2019 adalah
sebagai berikut:
1. Menanamkan
rasa cinta tanah air dengan dibuktikan
oleh kesadaran memiliki semangat belajar yang tinggi;
2. Memperkaya
pengalaman para peserta didik mengenai objek-objek tertentu dengan cara
melihat, mendengar, meraba dan merasakan sendiri bagaimana rupa atau objek
dalam keadaan aslinya;
3. Sebagai
sarana pengenalan peserta didik dengan budaya lain;
4. Memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk belajar secara langsung dengan sumber ajar;
dan
5. Sebagai
lembaga pendidikan formal, sekolah ingin mencetak lulusan yang memiliki wawasan
nasional.
BAB
II
PENGORNISASIAN
A.
Visi
Misi
1.
Visi
Sekolah
Visi adalah gambaran
ideal untuk masa depan yang
diinginkan oleh sekolah. Visi ini memberikan wawasan yang menjadi sumber arahan
bagi sekolah dan
digunakan untuk memandu
perumusan misi sekolah. Visi
adalah pandangan jauh ke depan ke mana sekolah
akan dibawa. Gambaran masa
depan harus didasarkan
pada landasan yuridis, yaitu
undang-undang, peraturan pemerintah,
peraturan menteri dan peraturan
perundangan lainnya sesuai
dengan jenjang dan jenis
sekolahnya.
Visi sekolah
harus tetap dalam
kerangka kebijakan pendidikan nasional, tetapi
sesuai dengan kebutuhan
sekolah untuk pelayanan masyarakat. Dengan
tujuan pendidikan nasional
yang rumusannya sama, profil
sekolah dan kebutuhan
masyarakat yang dilayani sekolah tidak selalu sama. Oleh
karena itu, sekolah memiliki visi yang tidak
sama dengan sekolah
lain, asalkan tidak
keluar dari koridor tujuan pendidikan nasional.
Visi SMP Negeri
2 Sukaratu adalah: “Mewujudkan Peserta
Didik Yang Berakhlaq Mulia, Terampil, Mandiri Berlandaskan Iman Dan Taqwa“
Misi SMP Negeri 2 Sukaratu adalah sebagai berikut:
a.
Meningkatkan efektivitas proses pembelajaran;
b.
Meningkatkan pembinaan kompetensi peserta didik secara optimal;
c.
Mendorong kemandirian,
tanggung jawab, kejujuran,
percaya diri dan semangat untuk berkompetisi para peserta
didik;
d.
Mendorong peserta didik memiliki
pemahaman dan pengamalan
nilai-nilai keagamaan serta memililiki solidaritas dan kepedulian
sosial;
e.
Menerapkan 3 S (Salam, Senyum, Sapa); dan
f.
Mendorong warga sekolah sebagai pembelajar sepanjang hayat.
B.
Susunan
Panitia
Susunan kepanitiaan
dalam kegiatan study tour SMP Negeri
2 Sukaratu Tahun Pelajaran 2018/ 2019 terdiri dari:
BAB
III
PELAKSANAAN
KEGIATAN
A.
Materi
Kegiatan
Kegiatan ini secara khusus
dimaksudkan untuk membuka wawasan siswa tentang pengetahuan di luar kelas. Rangkaian
materi kegiatan study tour ini secara umum terdiri dari:
1. Pengamatan
terhadap peninggalan budaya/ cagar budaya yakni kunjungan ke Candi Borobudur;
2. Mengamati
peristiwa sejarah dan alutsista Angkatan Udara yakni kunjungan ke Museum
Dirgantara;
3. Pengamatan
terhadap keanekagaraman hayati berupa aneka jenis fauna yakni kunjungan ke
Kebun Binatang Gembira Loka;
4. Pengamatan
terhadap aneka penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi berupa pengamatan ke
Taman Pintar;
5. Mengenang
dan mengamati peristiwa masa lalu berupa salah satu peninggalan penjajah
Belanda yakni mengamati Benteng Vredeburg.
B.
Peserta
Peserta yang mengikuti
kegiatan study tour SMP
Negeri 2 Sukaratu Tahun Pelajaran 2018/ 2019 terdiri dari para peserta didik
kelas VIII yang berjumlah 160 orang.
C.
Waktu,
Tempat dan Tahapan Pelaksanaan Kegiatan
1.
Waktu
dan Tempat
a.
Waktu
Waktu pelaksanaan kegiatan study
tour SMP Negeri Sukaratu Tahun Pelajaran 2018/ 2019 adalah: Hari Sabtu 12 Oktober sampai dengan
hari Minggu 14 Oktober 2018.
b.
Tempat
Tempat pelaksanaan kegiatan kegiatan study tour SMP Negeri Sukaratu Tahun Pelajaran 2018/ 2019 ini
adalah wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah.
Tahapan pelaksanaan kegiatan study
tour SMP
Negeri Sukaratu Tahun Pelajaran 2018/ 2019 adalah seperti yang tercantum pada tabel susunan acara di
bawah ini:
a.
Candi
Borobudur
Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini
didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur
adalah candi atau kuil
Buddha terbesar di dunia, sekaligus
salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.
b. Museum Dirgantara
Museum Pusat TNI AU "Dirgantara Mandala" adalah museum yang digagas oleh TNI Angkatan Udara untuk
mengabadikan peristiwa bersejarah dalam lingkungan TNI AU, bermarkas di
kompleks Pangkalan Udara
Adi Sutjipto, Yogyakarta.
c. Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun
Binatang Gembira Loka
adalah kebun binatang yang berada di Yogyakarta. Berisi berbagai macam spesies
dari belahan dunia, seperti orangutan, gajah asia, simpanse, harimau, dan lain sebagainya. Kebun Binatang Gembira Loka
menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Yogyakarta.
d. Taman Pintar Yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta adalah wahana wisata yang terdapat di pusat Kota
Yogyakarta, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, di kawasan Benteng Vredeburg.
Taman ini memadukan tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi.
Taman Pintar memiliki arena bermain sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam
beberapa zona. Akses langsung kepada pusat buku eks Shopping Centre juga menambah nilai lebih Taman Pintar. Tempat
rekreasi ini sangat baik untuk anak-anak atau para remaja pada masa perkembangan.
e.
Benteng Vredeburg
Museum Benteng Vredeburg (Musium
Beteng Vredeburg) adalah sebuah benteng yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani
Yogyakarta. Saat sekarang benteng
ini menjadi sebuah museum.
Benteng
Vredeburg memiliki luas sekitar
2.100 meter persegi, bangunan tersebut berfungsi sebagai benteng pertahanan
Belanda. Benteng memiliki empat sisi yang sama, dan pada masing-masing sudut
memiliki menara untuk berjaga-jaga dan mengintai kegiatan keraton dan pergerakan
masyarakat di kala itu. Pada
sejumlah bangunan di dalam benteng ini terdapat diorama mengenai sejarah
Indonesia.
BAB
IV
ANGGARAN BIAYA
A. Anggaran Biaya
Anggaran biaya
yang diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan Study Tour SMP Negeri 2 Sukaratu Tahun Pelajaran
2018/ 2019 adalah sebagai berikut.
Tasikmalaya,
22 Oktober 2018
Bendahara,
EVI TANTY,S.Pd.
NIP. 19750416 200701 2
007
B. Sumber Dana
Sumber dana pelaksanaan
kegiatan Study Tour
SMP Negeri 2
Sukaratu Tahun Pelajaran 2018/ 2019:
|
BAB
V
P E N U T U P
A. Simpulan
Secara umum kegiatan yang telah dilaksanakan dalam kegiatan study tour terdiri dari: (1) Tahap
persiapan; (2) Tahap Pelaksanaan; dan (3) Tahap Akhir Pelaksanaan.
Simpulan kegiatan yang telah dilalui
terdiri dari:
1.
Tahap
persiapan
Dalam kegiatan study tour SMP N 2 Sukaratu tahun pelajaran 2018/ 2019 berdasarkan
data yang diperoleh bahwa keikutsertaan para peserta didik terdiri dari 75%
dari seluruh jumlah peserta didik kelas VIII. Jika dibandingkan dengan kegiatan
study tour SMP Negeri 2 Sukaratu
tahun pelajaran 2017/ 2018 yang lalu adalah 90%, dengan data tersebut
disimpulkan bahwa telah terjadi penurunan angka partisipasi atau keikutsertaan
para peserta didik yaitu 15%.
2.
Tahap
Pelaksanaan
Tahap pelaksanaan terdiri dari fasilitas
moda yang disediakan untuk kegiatan study
tour berupa pemberangkatan, kunjungan ke obyek wisata, fasilitas layanan
penginapan (hotel), dan layanan makan bagi para peserta. Berdasarkan kenyataan
dan pendapat yang telah dihimpun bahwa mereka (para peserta study tour) merasa
sangat puas terhadap layanan yang diberikan.
3.
Tahap
Akhir
Tahap akhir pelaksanaan yakni cek out dan perjalan pulang para peserta
hingga sampai tujuan. Selama perjalanan hingga pulang ke rumah masing-masing
tidak ditemukan kendali yang berarti, artinya ini berjalan lancer sebagaimana
direncanakan. Hanya pada tahap akhir ini ditemukan bahwa ada beberapa barang
peserta yang hilang, pada kegiatan
selanjutnya jangan sampai terjadi kembali.
B. Saran
dan Rekomendasi
Berdasakan simpulan yang telah dikemukakan di atas maka kami
sampaikan mengenai saran atau rekomdasi, yaitu sebagai berikut
1. Tahapan persiapan berupa animo atau
angka patisitisi para peserta didik dalam mengikuti kegiatan study tour perlu ditingkatkan, agar
sasaran yang hendak dicapai yakni agar semua para peserta didik mampu mengalami
pengalaman secara langsung.
2. Kepuasaan yang dialami oleh para
peserta didik pada tahap pelaksanaan untuk kegiatan selanjutnya perlu
dipertahankan, ini untuk menjamin pelayanan yang diberikan secara maksimal dari
kegiatan study tour.
3. Tahap akhir khususnya keamanan
selama kegiatan study perlu ditingkatkan.
Demikian
laporan ini dibuat dengan harapan agar pelaksanaan kegiatan study tour SMP Negeri 2 Sukaratu Tahun Pelajaran
2018/ 2019 mencapai sasaran dan tujuan sebagaimana yang kita harapkan, yaitu
bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mecerdaskan kehidupan
bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.
Semoga Alloh
SWT memberikan hidayah dan meridhoi niat dan amal kita semua. Amiin.
Ketua Pelaksana
GUN GUN GUNAWAN,S.Pd.
NIP.
19770818 201410 1 001
|
Tasikmalaya, 22 Oktober 2018
Sekretaris,
Teni Sukmawati,S.Pd.
NIP 19720614 200604 2 015
|
Mengesahkan / Menyetujui:
Kepala SMP Negeri 2 Sukaratu,
DENDIN WARDIANA, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19651225 198911 1 001
0 comments: