MEDIA PEMBELAJARAN
Oleh:Dadang Hudan Dardiri,S.Pd.,M.Pd.
1.
Pengertian
Media Pembelajaran
Media berasal
dari kata medium yang artinya perantara atau pengantar. Dengan demikian media
pembelajaran dapat diartikan sebagai perantara sampainya pesan belajar (messagelearning) dari sumber pesan (message resouce) kepada penerima pesan (message receive), sehingga terjadi
interaksi belajar mengajar. Sumber pesan atau disebut juga komunikator biasanya
peserta didik. Media pembelajaran meliputi segala sesuatu yang dapat membantu
pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan
motivasi, daya pikir, dan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran yang
sedang dibahas atau mempertahankan perhatian peserta terhadap materi pelajaran
(Heidt) (Munir, 2008: 138).
Sri Anitah dalam
Purwono (2014: 129) mendefinisikan media pembelajaran adalah setiap orang,
bahan, alat, atau peristiwa yang dapat menciptakan kondisi yang memungkinkan
pebelajar untuk menerima pengetahuan, keterampilan dan sikap. Sengan pengertian
itu, maka guru atau dosen, buku ajar, serta lingkungan adalah media.
Berdasarkan uraian diatas maka media
pembelajaran dapat diartikan secara umum sebagai alat bantu apa saja yang dapat
menyalurkan pesan guna tercapainya tujuan pelajaran. Media pembelajaran dapat
berupa apa pun yang dapat digunakan untuk memberikan rangsangan pikiran,
perasaan, perhatian dan kemampuan belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran
dapat tercapai.
2.
Manfaat
Media Pembelajaran
Penggunaan media
pembelajaran dalam pembelajaran tidak mutlak harus diadakan oleh pengajar.
Artinya, jika pengajar dalam pembelajarannya tidak menggunakan media
pembelajaran pun tidak akan dikatakan gagal, karena yang utama dalam
pembelajaran adalah peserta didik dapat belajar dengan baik dan mencapai tujuan
yang hendak dicapai dan telah dirumuskan sebelumnya (Munir, 2008: 138-139).
Namun demikian,
penggunaan media pembelajaran, termasuk akan mendukung keberhasilan
pembelajaran, karena memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut:
a. Dapat
memberikan pemahaman yang lebih dalam terhadap materi pembelajaran yang sedang
dibahas.
b. Membantu
pengajar menyajikan materi pembelajaran menjadi lebih mudah dan cepat.
c. Menarik
dan membangkitkan perhatian, minat, motivasi, ativitas, dan kreativitas belajar
peserta didik, serta dapat menghibur peserta didik.
d. Materi
pembelajaran yang susah dipelajari dapat diulang kembali (playback).
e. Membentuk
sikap peserta didik (aspek afektif), meningkatkan keterampilan (psikomotor).
f.
Peserta didik belajar sesuai dengan
karakteristiknya, kebutuhan, minat, dan bakatnya, baik belajar secara
individual, kelompok, atau klasikal.
g. Menghemat
waktu, tenaga, dan biaya (Purwono. 2014: 129).
Manfaat media
pembelajaran yang dimaksud yaitu, dapat mengintegrasikan pelajar dalam
pengalaman belajar, dan dapat menjelaskan atau menggambarkan isi pelajaran
dengan memberikan kesempatan untuk menganalisis diri dari kinerja individu dan
perilaku peserta didik.
3.
Jenis-jenis
Media Pembelajaran
a. Teknologi
Cetak
Teknologi cetak adalah cara untuk
menghasilkan atau menyampaikan materi melalui proses percetakan mekanis atau
fotografis, seperti buku dan materi visual statis.
b. Teknologi
Audio-visual
Teknologi Audio-visual adalah cara
menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan mesin-mesin mekanis
dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan melalui Audio dan Visual.
c. Teknologi
Berbasis Komputer
Teknologi berbasis komputer
merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan
sumbersumber yang berbasis mikro-prosesor.
d. Teknologi
Gabungan
Teknologi gabungan adalah cara
menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa
bentuk media yang dikendalikan oleh komputer (Purwono. 2014: 129-130).
Berdasarkan
jenis-jenis media pembelajaran di atas, maka peneliti mengambil teknologi Audio
Visual media yang paling lengkap karena dengan menggunakan media Audio Visual
ini karena dapat melihat video untuk menangkap pesan.
Bibliografi
Munir.
2008. Kurikulum Berbasis Teknologi
Informasi dan Komunikasi. Bandung: CV. Alfabeta.
Purwono,
Joni. 2014. Penggunaan Media Audio-Visual
Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1
Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 2(2): 129-131.
0 comments: