MEDIA PEMBELAJARAN

 Oleh:Dadang Hudan Dardiri,S.Pd.,M.Pd.


1.   Pengertian Media Pembelajaran

Media berasal dari kata medium yang artinya perantara atau pengantar. Dengan demikian media pembelajaran dapat diartikan sebagai perantara sampainya pesan belajar (messagelearning) dari sumber pesan (message resouce) kepada penerima pesan (message receive), sehingga terjadi interaksi belajar mengajar. Sumber pesan atau disebut juga komunikator biasanya peserta didik. Media pembelajaran meliputi segala sesuatu yang dapat membantu pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan motivasi, daya pikir, dan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran yang sedang dibahas atau mempertahankan perhatian peserta terhadap materi pelajaran (Heidt) (Munir, 2008: 138).

Sri Anitah dalam Purwono (2014: 129) mendefinisikan media pembelajaran adalah setiap orang, bahan, alat, atau peristiwa yang dapat menciptakan kondisi yang memungkinkan pebelajar untuk menerima pengetahuan, keterampilan dan sikap. Sengan pengertian itu, maka guru atau dosen, buku ajar, serta lingkungan adalah media.

 Berdasarkan uraian diatas maka media pembelajaran dapat diartikan secara umum sebagai alat bantu apa saja yang dapat menyalurkan pesan guna tercapainya tujuan pelajaran. Media pembelajaran dapat berupa apa pun yang dapat digunakan untuk memberikan rangsangan pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

2.   Manfaat Media Pembelajaran

Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran tidak mutlak harus diadakan oleh pengajar. Artinya, jika pengajar dalam pembelajarannya tidak menggunakan media pembelajaran pun tidak akan dikatakan gagal, karena yang utama dalam pembelajaran adalah peserta didik dapat belajar dengan baik dan mencapai tujuan yang hendak dicapai dan telah dirumuskan sebelumnya (Munir, 2008: 138-139).

Namun demikian, penggunaan media pembelajaran, termasuk akan mendukung keberhasilan pembelajaran, karena memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut:

a.       Dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam terhadap materi pembelajaran yang sedang dibahas.

b.       Membantu pengajar menyajikan materi pembelajaran menjadi lebih mudah dan cepat.

c.       Menarik dan membangkitkan perhatian, minat, motivasi, ativitas, dan kreativitas belajar peserta didik, serta dapat menghibur peserta didik.

d.       Materi pembelajaran yang susah dipelajari dapat diulang kembali (playback).

e.       Membentuk sikap peserta didik (aspek afektif), meningkatkan keterampilan (psikomotor).

f.        Peserta didik belajar sesuai dengan karakteristiknya, kebutuhan, minat, dan bakatnya, baik belajar secara individual, kelompok, atau klasikal.

g.       Menghemat waktu, tenaga, dan biaya (Purwono. 2014: 129).

Manfaat media pembelajaran yang dimaksud yaitu, dapat mengintegrasikan pelajar dalam pengalaman belajar, dan dapat menjelaskan atau menggambarkan isi pelajaran dengan memberikan kesempatan untuk menganalisis diri dari kinerja individu dan perilaku peserta didik.

3.   Jenis-jenis Media Pembelajaran

a.    Teknologi Cetak

Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi melalui proses percetakan mekanis atau fotografis, seperti buku dan materi visual statis.

b.   Teknologi Audio-visual

Teknologi Audio-visual adalah cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan melalui Audio dan Visual.

c.    Teknologi Berbasis Komputer

Teknologi berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumbersumber yang berbasis mikro-prosesor.

d.   Teknologi Gabungan

Teknologi gabungan adalah cara menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan oleh komputer (Purwono. 2014: 129-130).

Berdasarkan jenis-jenis media pembelajaran di atas, maka peneliti mengambil teknologi Audio Visual media yang paling lengkap karena dengan menggunakan media Audio Visual ini karena dapat melihat video untuk menangkap pesan.

 

Bibliografi

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Purwono, Joni. 2014. Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 2(2): 129-131.

 

 

 


0 comments: