Pengertian dan Langkah-Langkah Cooperative Learning Tipe Bertukar Pasangan
Pembelajaran Kooperatif (Cooperative
Learning)
Tipe Bertukar Pasangan
Oleh:
Dadang Hudan Dardiri,S.Pd.,M.Pd.
Bertukar pasangan sebagai salah model pembelajaran
kooperatif dijelaskan oleh Isjoni (2010: 78) bahwa bertukar pasangan adalah, “teknik
yang memberi siswa kesempatan untuk bekerja sama dengan orang lain. Pasangan
bisa ditunjuk oleh guru atau berdasarkan teknik mencari pasangan”.
Selajutnya Sugiyanto (2010: 50)
menjelaskan, “ teknik belajar bertukar pasangan memberi kesempatan untuk
bekerja sama dengan orang lain. Teknik ini dapat digunakan dalam semua mata
pelajaran dan untuk semua tingkatan usia anak didik”.
Sugiyanto (2010: 50) menjelaskan
bahwa langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan
terdiri dari:
1)
setiap siswa mendapatkan satu
pasangan (guru bisa menunjukkan pasangannya atau siswa melakukan prosedur/
teknik mencari pasangan seperti yang dijelaskan di depan;
2)
guru memberikan tugas dan siswa
mengerjakan tugas dengan pasangannya;
3)
setelah selesai, setiap pasangan
bergabung dengan satu pasangan yang lain;
4)
kedua pasangan tersebut bertukar
pasangan. Masing-masing pasangan yang baru ini kemudian saling menanyakan dan
mengukuhkan jawaban mereka; dan
5)
temuan baru yang didapatkan dari
pertukaran pasangan kemudian dibagikan
pada pasangan semula.
DAFTAR
PUSTAKA
Isjoni. (2010). Cooperatif Learning.
Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Sugiyanto. (2010). Model-Model
Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
0 comments: