Pengertian dan Langkah-Langkah Cooperative Learning Tipe Bertukar Pasangan


Pembelajaran  Kooperatif  (Cooperative Learning)
Tipe Bertukar Pasangan



Oleh: Dadang Hudan Dardiri,S.Pd.,M.Pd.



Bertukar pasangan sebagai salah model pembelajaran kooperatif dijelaskan oleh Isjoni (2010: 78) bahwa bertukar pasangan adalah, “teknik yang memberi siswa kesempatan untuk bekerja sama dengan orang lain. Pasangan bisa ditunjuk oleh guru atau berdasarkan teknik mencari pasangan”.
Selajutnya Sugiyanto (2010: 50) menjelaskan, “ teknik belajar bertukar pasangan memberi kesempatan untuk bekerja sama dengan orang lain. Teknik ini dapat digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia anak didik”.
Sugiyanto (2010: 50) menjelaskan bahwa langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan terdiri dari:
1)      setiap siswa mendapatkan satu pasangan (guru bisa menunjukkan pasangannya atau siswa melakukan prosedur/ teknik mencari pasangan seperti yang dijelaskan di depan;
2)      guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya;
3)      setelah selesai, setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain;
4)      kedua pasangan tersebut bertukar pasangan. Masing-masing pasangan yang baru ini kemudian saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka; dan
5)      temuan baru yang didapatkan dari pertukaran  pasangan kemudian dibagikan pada pasangan semula.


DAFTAR PUSTAKA

Isjoni. (2010). Cooperatif Learning. Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.



0 comments: