Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Team Quiz


Model
Pembelajaran  Kooperatif (Cooperative Learning)
Tipe Team Quiz

Oleh: Dadang Hudan Dardiri,S.Pd.,M.Pd.



Menurut Sugiyanto (2010: 58) model coopertive learning tipe team quiz (TQ) adalah teknik pembelajaran dengan memainkan topik-topik yang diajarkan kepada siswa yang dibagi dalam beberapa kelompok.
Selanjutnya Sugiyanto (2010: 58-60) merinci mengenai langkah-lanngkah model coopertive learning tipe teknik team quiz (TQ) yang terdiri dari:
1.      Pilihlah topik yang dapat disampaikan dalam tiga bagian.
2.      Bagilah siswa dibagi kedalam tiga kelompok, yaitu A,B, dan C.
3.       Sampaikan kepada siswa format penyampaian pelajaran kemudian mulai menyampaikan materi. Batasi penyampaian maksimal 10 menit.
4.       Setelah menyampaikan materi mintalah kelompok A menyiapkan pertanya-pertanyan berkaitan dengan materi yang baru saja disampaikan. Kelompok B dan C mengunakan waktu ini untuk melihat catatan mereka.
5.       Mintalah kepada kelompok A untuk memberi pertanyaan kelompok B. jika kelompok B tidak dapat menjawab pertanyaan, lempar pertanyaan tersebut kepada kelompokC.
6.       Kelompok A memberikan pertanyaan kepada kelompok C, jika kelompok C tidak bisa menjawab, lemparkan kepada kelompok B.
7.       Jika pertanyaan jawaban selesai, lanjutkan pelajaran kedua dan tunjuk kelompok B untuk menjadi kelompok penanya. Lakukan seperti proses untuk kelompok A.
8.       Setelah kelompok B selesai dengan pertanyaannya, lanjutkan penyampaian materi pelajaran ketiga dan tunjuk kelompok C sebagai kelompok penanya.
9.       Akhiri pelajaran dengan menyimpulkan tanya jawab dan jawab sekiranya ada pemahaman siswa yang keliru.

DAFTAR PUSTAKA

Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.



0 comments: