Aliran Neo Klasisisme dalam Seni Lukis


Aliran Neo Klasisisme
dalam Seni Lukis
Oleh: Dadang Hudan Dardiri,S.Pd.,M.Pd.


 Neo klasisisme merupakan aliran muncul dan berkembang  setelah klasisisme. Merupakan suatu bentuk protes terhadap aliran klasisisme yang secara tematik terlalu berorientasi istana (istana sentries), dipelopori oleh pelukis Perancis Jaques Louis David. Jaques Louis David  melukis dengan tema yang cukup phenomenal saat itu, dalam lukisan yang berjudul “Sumpah Horatee “, tokoh yang digambarkan dalam lukisannya bukan orang dari kalangan istana, tetapi hanya penggambaran dari kalangan oarang biasa, dan ini tidak mungkin terjadi pada aliran klasisisme.


Jaques Louis David: “The Oath Of The Horatii

Sumber gambar: https://fineartamerica.com/featured/the-oath-of-the-horatii-jacques-louis-david.html?product=poster

Ciri lain dari aliran neo klasisisme yaitu bersifat intelektual akademik, semua bentuk dibatasi oleh garis yang pasti, penggunaan warna tidak bebas karena terikat oleh perasaan yang dikendalikan. Aliran ini ditularkan oleh Louis David selama memimpin sekolah tinggi seni rupa pertama yang didirikan di Eropa yaitu “Royal Academy”. Setelah Louis David meninggal yang melanjutkan jejaknya adalah  Jean Auguste Dominique Ingres, salah satu karyanya yang paling terkenal adalah “Portrait of Madame Moitessier Sitting”.




Jean Auguste Dominique Ingres: “Portrait of Madame Moitessier Sitting
Sumber gambar: Sumber: https://www.wikiart.org/en/jean-auguste-dominique-ingres/portrait-of-madame-moitessier-sitting-1856




0 comments: